Daftar Istilah di Perguruan Tinggi
Universitas Muhammadiyah Kotabumi atau satu-satunya Universitas dan merupakan salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Lampung Utara, berencana akan mulai memperkenalkan lingkungan barunya kepada seluruh mahasiswa baru pada tanggal 3 September 2020 secara daring, keputusan ini diambil berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dilaksanakan kemarin atau pada Kamis, 27/8/2020. Metode daring pun terpaksa dilakukan sebagai jalan keluar

Read More...

Daftar Istilah di Perguruan Tinggi

Universitas Muhammadiyah Kotabumi atau satu-satunya Universitas dan merupakan salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Lampung Utara, berencana akan mulai memperkenalkan lingkungan barunya kepada seluruh mahasiswa baru pada tanggal 3 September 2020 secara daring, keputusan ini diambil berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dilaksanakan kemarin atau pada Kamis, 27/8/2020. Metode daring pun terpaksa dilakukan sebagai jalan keluar dari masalah pendemi Covid-19 yang masih terjadi.

Untuk segenap pelajar yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pada Jenjang Dasar dan Menengah, dan akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ada baiknya, sebelum perkuliahan kalian di Universitas Muhammadiyah Kotabumi dimulai, kalian mempelajari terlebih dahulu mengenal kampus dan sistem pembelajaran di bangku perkuliahan yang mungkin belum pernah kalian ketahui atau dengar ketika masih berstatus sebagai siswa.

Berikut adalah istilah-istilah yang nantinya akan kalian temui selama menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi dan akan memudahkan kalian dalam menjalani masa-masa kuliah.

1. Universitas, Fakultas dan Prodi
Ketika membicarakan mengenai sistem pembelajaran di perguruan tinggi, maka pasti tidak bisa lepas dari kata-kata Universitas, Fakultas dan Prodi. Secara umum universitas bisa didefinisikan sebagai salah satu bentuk dari lembaga perguruan tinggi yang terdiri dari beberapa fakultas. Di dalam sebuah universitas sendiri, ada beberapa fakultas-fakultas. Fakultas tersebut dapat kita artikan sebagai sekumpulan program studi (prodi) yang memiliki landasan disiplin ilmu yang sama. Misal di UMKO memiliki Fakultas Keguruan dan Ilmu P[endidikan, yang di dalamnya terdapat prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matemaika, Pendidikan Jasmani dan Olahraga, serta Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jika pimpinan dalam sebuah universitas disebut rektor, maka pimpinan dalam sebuah fakultas disebut dekan. Prodi juga memiliki struktur tersendiri. Pimpinannya berada di tangan seorang ketua prodi dan biasanya dibantu oleh beberapa wakil, seorang sekretaris, seorang bendahara dan beberapa jabatan lainnya.

2. Satuan Kredit Semester (SKS)
Satuan beban studi pada mata kuliah yang dapat diambil oleh mahasiswa. Satuan Kredit Semester yaitu bobot studi setiap mata kuliah. Setiap mata kuliah punya SKS berbeda-beda, biasanya 2-3 SKS. Namun, ada yang bobotnya lebih tinggi, yaitu enam SKS, misalnya skripsi atau mata kuliah wajib.

3. Kartu Rencana Studi (KRS)
Kartu isian yang berisi rencana banyaknya SKS yang diprogram untuk semester mendatang. KRS diisi oleh mahasiswa bersama dosen PA setiap awal semester dengan memperhitungkan IP semester sebelumnya.

4. Kartu Hasil Studi (KHS)
Kartu yang memuat hasil studi setiap mahasiswa (per semester).

5. Kalender Akademik
Jadwal yang disusun oleh rektor dalam kurun waktu satu tahun yang memuat waktu penerimaan mahasiswa, masa perkuliahan, ujian, dan juga hari-hari libur.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs