Daftar Istilah di Perguruan Tinggi
6. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)Kartu yang diberikan kepada mahasiswa yang sudah menyelesaikan registrasi administrasi secara lengkap, berfungsi sebagai tanda bukti bahwa mahasiswa tersebut telah terdaftar pada sebuah perguruan tinggi. 7. Dosen Penasihat Akademik (PA)Dosen yang bertugas mendampingi dan memberikan konsultasi akademis kepada mahasiswa selama masa kuliah, termasuk menyusun rencana studi dan memberi pertimbangan dalam memilih

Read More...

Daftar Istilah di Perguruan Tinggi

6. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
Kartu yang diberikan kepada mahasiswa yang sudah menyelesaikan registrasi administrasi secara lengkap, berfungsi sebagai tanda bukti bahwa mahasiswa tersebut telah terdaftar pada sebuah perguruan tinggi.

7. Dosen Penasihat Akademik (PA)
Dosen yang bertugas mendampingi dan memberikan konsultasi akademis kepada mahasiswa selama masa kuliah, termasuk menyusun rencana studi dan memberi pertimbangan dalam memilih mata kuliah dan jumlah kredit yang akan diambil sesuai perkembangan studi mahasiswa.

8. Indeks Prestasi (IP)
Artinya sama seperti nilai akhir semester. Di Indonesia, skala IP dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi adalah 0 (nol) hingga 4 (empat).

9. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
Nilai kumulatif mahasiswa dari semester awal hingga semester akhir. IPK sendiri dihitung dengan cara menggabungkan semua IP dan dibagi dengan jumlah semester yang telah ditempuh.

10. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
Wadah aktivitas kemahasiswaan luar kelas untuk mengembangkan minat, bakat, dan keahlian tertentu.

11. Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Praktik langsung di lapangan menerapkan teori yang telah diperoleh di bangku kuliah.

12. Skripsi
Karya tulis ilmiah sebagai laporan tugas akhir mahasiswa untuk memperoleh ijazah S1. Dalam mengerjakan skripsi, mahasiswa mendapat bimbingan dari dosen pembimbing. Syarat penulisan skripsi yaitu mahasiswa telah menempuh mata kuliah minimal 120 SKS dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,0.

13. Dosen Pembimbing
Dosen yang bertugas membimbing kamu dalam hal skripsi atau tugas akhir. Biasanya, pemilihan tema skripsi yang akan menentukan siapa yang akan menjadi dosen pembimbing nanti.

itulah istilah-istilah dasar di dunia perkuliahan yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Selamat belajar dan memperoleh ilmu pengetahuan! Untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai Universitas Muhammadiyah Kotabumi, kalian dapat mengunjungi situs UMKO pada laman: https://www.umko.ac.id.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs