Hal yang Dipelajari Saat PKKMB
Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO), sebagai salah satu perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), UMKO pun patuh mengikuti kebijakan PKKMB sebagaimana yang diinstruksikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bagi seluruh mahasiswa barunya.

Read More...

Hal yang Dipelajari Saat PKKMB

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan kegiatan untuk mempercepat adaptasi mahasiswa baru dengan lingkungan kampus. Dalam kegiatan ini, perguruan tinggi akan membekali mahasiswa dengan berbagai materi untuk menunjang proses adaptasi para mahasiswa yang baru masuk ke perguruan tinggi.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi maka dilakukan PKKMB. Kegiatan ini dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan hidup, juga dalam rangka menciptakan generasi
yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegritas. Melalui PKKMB, mahasiswa diberikan bekal agar mampu berproses dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, sehingga kelak menjadi lulusan yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

Tidak terkecuali Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO), sebagai salah satu perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), UMKO pun patuh mengikuti kebijakan PKKMB sebagaimana yang diinstruksikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bagi seluruh mahasiswa barunya.

Dalam hal ini, penulis akan sedikit membagikan apa-apa saja yang akan mahasiswa pelajari, dalam Masa Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru, dikutip dari akun instagram @ditjendiktiristek. Apa saja materi yang dipelajari? Simak penjabarannya di bawah ini:

  1. Kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara;
  2. Perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan kehidupan kampus pada masa pendemi;
  3. Pengenalan sistem pendidikan tinggi di Indonesia;
    (Kurikulum program studi dan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka; pengenalan nilai budaya, etika, tata krama, norma kehiduoan kampus, plagiarisme, perundungan (bullying), pencegahan tindakan asusila dan kekerasan seksual, penyalahgunaan narkoba, antikorupsi serta bijak dalam berkomunikasi; pembentukan karakter dan kesehatan mental mahasiswa; dan pengenalan organisasi kegiatan mahasiswa (ormawa).
  4. Kesadaran lingkungan hidup, manajemen resiko, dan kampus sehat;
  5. Pengembangan karakter mahasiswa;
  6. Materi lain sesuai kebutuhan mahasiswa dan perguruan toinggi (muatan lokal).

Buku panduan PKKMB dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dapat diunduh melalui tautan berikut ini: http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-PKKMB-2022.pdf

Managed & Maintenanced by ArtonLabs