6 Dosen UMKO Lolos Sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kampus Mengajar Angkatan 2
Dari Universitas Muhammadiyah, ada 6 orang dosen yang lolos dan menjadi pendamping bagi mahasiswa peserta kampus mengajar.

Read More...

6 Dosen UMKO Lolos Sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kampus Mengajar Angkatan 2

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki program yang bertujuan untuk menyiapkan karir yang komprehensif guna mempersiapkan generasi terbaik Indonesia, salah satu programnya adalah Kampus Merdeka yang mana program ini merupakan salah satu bagian dalam kebijakan Merdeka Belajar. Kebijakan tersebut memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat.

Di dalam kampus merdeka sendiri juga memiliki berbagai program salah satunya adalah Kampus Mengajar, Universitas Muhammadiyah Kotabumi sendiri sudah berpartisipasi dalam program kampus mengajar pada tahun 2021 ini. Pada kesempatan kali ini, 23 mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang terbagi menjadi 3 Prodi, yaitu Prodi PBSI, Prodi PBI dan Prodi PMTK.

Pengumuman mengenai lolosnya ke-23 mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Kotabumi diumumkan melalui akun masing-masing peserta. Selain mengumumkan peserta dari mahasiswa, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi juga mengumumkan Dosen yang bertugas sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bagi mahasiswa. Hal ini pun juga diumumkan melalui akun dosen yang telah mendaftarkan diri dalam program terkait.

Fungsi DPL sendiri adalah melakukan komunikasi dengan pihak terkait, seperti Komunikasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Komunikasi dengan sekolah yang dituju (SD), Memberikan Bimbingan Laporan Awal, Respon logbook harian mahasiswa, Respon laporan mingguan mahasiswa, bimbingan dan persetujuan laporan akhir, dan melakukan tahap penilaian.

Selama berjalannya program Kampus Mengajar ini, DPL juga memiliki tugas yang tak kalah penting dari tugas diatas yaitu memberikan semangat kepada mahasiswa agar tidak menyerah, dan dapat mengemban tugas yang sudah diamanahkan.

Dari Universitas Muhammadiyah, ada 6 orang dosen yang lolos dan menjadi pendamping bagi mahasiswa peserta kampus mengajar, mereka adalah:

  1. Dra. Eny Munisah, M.Pd. dosen FKIP
  2. Bu Dewi Srikuning, S.Pd., M.Pd. dosen FKIP
  3. Agung Prihatmojo, S.Pd., M.Pd. dosen FKIP
  4. Rulik Setiani, S.S., M.Pd. dosen FKIP
  5. Darwanto S.Pd., M.Pd. dosen FKIP
  6. Khusnul Khotimah, M.TI. dosen FTIK

Semoga ke depannya lebih banyak lagi Dosen Universitas Muhammadiyah Kotabumi yang lolos mengikuti Program Kampus Merdeka.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs