Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) Menjadi Satu-Satunya Universitas di Kabupaten Lampung Utara

Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) Menjadi Satu-Satunya Universitas di Kabupaten Lampung Utara

Setelah berjuang selama kurang lebih dua tahun, pada 04 Juli 2019, Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) akhirnya menerima SK Perubahan Status dari LLDIKTI Wilayah II. Penyerahan tersebut sekaligus menandakan bahwa kini Kabupaten Lampung Utara telah memiliki universitas.

Seperti yang telah diketahui, sejak dua tahun yang lalu, STKIP dan STIH Muhammadiyah Kotabumi sepakat untuk bergabung menjadi Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO). Dalam proses pengusulan, kedua belah pihak sepakat untuk mengajukan 11 program studi, yaitu: Agribisnis, Agroteknologi, Peternakan, Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak, Aktuaria, Ilmu Komputer, Sistem Teknologi Informasi, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Ilmu Komunikasi, dan Manajemen.

Dari 11 program studi tersebut, tim penggabungan berhasil meloloskan 5 program studi dalam satu kali pengajuan, yaitu: Agribisnis, Agroteknologi, Sistem Teknologi Informasi, Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak, dan Ilmu Komunikasi.

Dengan jumlah program studi yang telah direkomendasikan tersebut, STKIP dan STIH Muhammadiyah Kotabumi sudah memenuhi persyaratan dari sisi jumlah program studi, seperti yang disyaratkan oleh peraturan Pendirian Universitas yang berlaku. Setelah dilakukan visitasi atau kunjungan lapangan, pada akhirnya, UMKO kini berhasil berdiri di Lampung Utara.

Dr. Sumarno, M.Pd., Rektor Universitas Muhammadiyah Kotabumi, mengatakan bahwa “Perjuangan penggabungan STKIP dan STIH Muhammadiyah Kotabumi menjadi Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) ini akan menjadi sia-sia jika tidak didukung oleh masyarakat luas, khususnya Masyarakat Lampung Utara. Oleh karena itu, saya selaku Rektor UMKO, mengajak setiap elemen masyarakat untuk mendukung keberadaan UMKO kedepannya”

Managed & Maintenanced by ArtonLabs