Sosialisasi NUDC-KDMI 2021 oleh Puspresnas
Dalam rangka akan dilaksanakan Debat Bahasa Inggris (NUDC) dan Debat Bahasa Indonesia (KDMI) oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka hari ini (3/5/2021) Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan sosialisai mengenai dua kegiatan tersebut melalui media Zoom dan streaming melalui akun Youtube resmi milik Puspresnas. Sosialisasi dilakukan dengan tujuan memberikan

Read More...

Sosialisasi NUDC-KDMI 2021 oleh Puspresnas

Dalam rangka akan dilaksanakan Debat Bahasa Inggris (NUDC) dan Debat Bahasa Indonesia (KDMI) oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka hari ini (3/5/2021) Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan sosialisai mengenai dua kegiatan tersebut melalui media Zoom dan streaming melalui akun Youtube resmi milik Puspresnas. Sosialisasi dilakukan dengan tujuan memberikan pandangan maupun arahan tentang NUDC dan KDMI bagi para peserta sosialisasi agar semakin yakin untuk mengikuti kompetisi ini.

Menyelesaikan Persoalan Melalui Debat NUDC Tahun 2020

NUDC tahun 2020 mempertemukan 112 tim terbaik se-Indonesia. NUDC menggunakan sistem atau format debat British Parlementary dan N1 Policy. NUDC menghadapkan mahasiswa untuk bisa menyelesaikan persoalan-persoalan yang dialami suatu masyarakat atau bangsa dengan posisi mereka masing-masing dan berusaha untuk meyakinkan publik bahwa pendapat mereka benar dan tepat. Di seleksi nasional inilah NUDC diadakan, di mana pada seleksi ini diikuti oleh tim-tim terbaik dari tiap wilayah dengan jumlah kurang lebih 100 tim, yang terdiri atas 200 debaters dan 100 N1 adjudicators. Seluruh tim akan melalui lima babak pre-eliminaries dan empat babak eliminaries.

Alur Seleksi KDMI Tahun 2020

Dalam pelaksanaannya, KDMI menggunakan sistem Asian Parlementary dan diikuti oleh 30 tim. Tim merupakan seluruh mahasiswa Indonesia program Sarjana dan Diploma yang terdaftar di pangkalan data perguruan tinggi dan telah berhasil lolos dalam seleksi wilayah, di mana satu tim terdiri atas tiga orang pendebat dan satu orang juri N1.

Alasan Kenapa Harus Bergabung Menjadi Debater.

Critically, dengan berdebat dapat melatih untuk berpikir kritis agar bisa memecahkan persoalan-persoalan yang diberikan. Confidence, dengan berdebat juga memunculkan rasa percaya diri karena kita dilatih untuk bisa menyakinkan publik atas gagasan yang kita berikan. Cooperation, di mana debat dilakukan oleh tim yang terdiri lebih dari satu orang sehingga dituntut untuk bisa saling bekerjasama dalam memenangkan sebuah kompetisi ataupun membangun suatu gagasan. Community, setiap bidang pasti memiliki komunitas masing-masing begitu juga dengan debat. Adanya komunitas yang dibangun dalam suatu bidang akan membuat orang di dalam komunitas tersebut bisa lebih berkembang lagi serta bisa menambah relasi. Champion, debat sebagai salah satu kompetisi maka salah satu hal yang akan didapatkan jika bergabung  menjadi debater yaitu menjadi juara atau mendapatkan penghargaan yang membanggakan.

Berikut adalah live streaming dari kegiatan sosialisasi NUDC dan KDMI oleh Puspresnas.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs