Koordinasi Diseminasi Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Pemangku Kepentingan
UKBI Adaptif merupakan tes untuk mengukur kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia yang desain ujinya disesuaikan dengan estimasi kemampuan peserta uji, mulai dari kemahiran yang terendah hingga kemahiran yang tertinggi.

Read More...

Koordinasi Diseminasi Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Pemangku Kepentingan

Rektor UMKO, Dr. Sumarno, M.Pd. turut mendatangani Komitmen UKBI di Hotel Emersia Bandarlampung

Untuk menyetarakan bahasa Indonesia agar sejajar dengan bahasa-bahasa besar di dunia, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengembangkan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). UKBI merupakan tes standar untuk mengetahui kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia. Sebagai bangsa yang memiliki bahasa modern yang multifungsi dan memiliki jumlah penutur yang besar, bangsa Indonesia memang harus memiliki sarana evaluasi mutu penggunaan bahasa Indonesia. Tanpa menafikan peran wahana lain, UKBI memiliki fungsi yang amat strategis, tidak hanya untuk meningkatkan kualitas bahasa Indonesia serta penggunaan dan pengajarannya di dalam dan luar negeri, tetapi juga untuk memupuk sikap positif dan rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap bahasanya.

Penggunaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di masyarakat telah diatur di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 70 Tahun 2016 tentang Standar Kemahiran Berbahasa Indonesia. Hak Cipta UKBI tertuang di dalam Surat Pendaftaran Ciptaan Kementerian Hukum dan HAM Nomor 023993 dan 023994 tertanggal 8 Januari Tahun 2004 dan telah diperbarui pada tahun 2011 atas nama Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Kemarin (Rabu, 23/6/2021) Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Provinsi Lampung, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, melaksanakan kegiatan Koordinasi Diseminasi Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Pemangku Kepentingan. Tujuan kegiatan tersebut adalah mendiseminasikan layanan UKBI yang mutakhir dalam bentuk UKBI Adaptif Merdeka dan mengoordinasikan pelaksanaannya di Provinsi
Lampung.

UKBI Adaptif merupakan tes untuk mengukur kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia yang desain ujinya disesuaikan dengan estimasi kemampuan peserta uji, mulai dari kemahiran yang terendah hingga kemahiran yang tertinggi.

Sehubungan dengan hal tersebut, Rektor Universitas Muhammadiyah, Dr. Sumarno, M.Pd., Kotabumi pun menjadi salah satu peserta yang hadir dalam kegiatan itu. Beliau termasuk salah satu dari total 77 orang yang hadir, dengan komposisi 68 peserta yang berasal dari perguruan tinggi, dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota, asosiasi profesi, serta perusahaan swasta dan/atau asing, 1 pembicara pusat, 4 panitia pusat, 1 pembicara balai/kantor, dan 3 panitia balai/kantor. Kegiatan berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 23 dam 24 Juni 2021, secara tatap muka di hotel Emersia Lampung dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Selain ikut menandatangani Komitmen UKBI, Dr. Sumarno, M.Pd. juga termasuk kedalam pemateri dalam kegiatan tersebut.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs