Program Magang Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) – PKKM UMKO
Program magang DUDI merupakan sebuah kegiatan yang merupakan rangkaian dari kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang pendanaannya berhasil didapatkan oleh Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Program ini merupakan program pilihan yang dapat diikuti oleh mahasiswa semester V atau VII dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) atau Program Studi Pendidikan Matematika (PMTK).

Read More...

Program Magang Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) – PKKM UMKO

Magang Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) – PKKM Universitas Muhammadiyah Kotabumi

Program magang DUDI merupakan sebuah kegiatan yang merupakan rangkaian dari kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang pendanaannya berhasil didapatkan oleh Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Program ini merupakan program pilihan yang dapat diikuti oleh mahasiswa semester V atau VII dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) atau Program Studi Pendidikan Matematika (PMTK).

Dalam kegiatan ini, mahasiswa akan mendapatkan 20 sks dan direncanakan akan melaksanakan program magang selama 6 bulan di lokasi-lokasi pilihan. Prosedur awal yang harus dilakukan mahasiswa yang memenuhi persyaratan adalah mendaftarkan diri melalui Ka Prodi sesuai jurusannya, yaitu Ka Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia atau Ka Prodi Pendidikan Matematika. Setelah itu, mahasiswa akan menjalani tahapan seleksi mulai dari berkas, hingga wawancara untuk menentukan apakah mahasiswa tersebut memenuhi persyaratan untuk mengikuti program ini atau tidak. Hal ini menjadi penting karena mahasiswa akan terlibat langsung dalam aktivitas internal institusi tempat magang.

Selain mendapatkan beberapa keuntungan seperti konversi 20 sks mata kuliah regular dan mendapatkan dana sehari-hari selama mengikuti program magang, mahasiswa juga akan mendapatkan keuntungan seperti:

  1. Keberlanjutan karir (peluang yang lebih besar untuk diterima sebagai karyawan di tempat magang)
  2. Keterlibatan langsung dan mendalam (pengalaman kerja yang berharga untuk digunakan setelah lulus dari Universitas)
  3. Gambaran nyata dunia kerja (pengetahuan tentang praktik terbaik dalam Industri atau Usaha maupun pendidikan)
  4. Bangun dan perluas koneksi (jaringan dan hubungan dalam industri tempat magang)

Linimasa kegiatan magang

23 – 31 Agustus 2021Mahasiswa mendaftar melalui Ka Prodi PBSI atau PMTK
30 Agustus 2021Mitra melakukan pemaparan profil Instansinya sekaligus penandatanganan naskah Kerjasama
September 2021Penyampaian profil Mitra kepada mahasiswa
September 2021 – Februari 2022Program magang DUDI – PKKM berlangsung. Mahasiswa membuat laporan kegiatan harian selama mengikuti kegiatan

Studi Banding dan Pemaparan Program Mitra DUDI – PKKM

Pada hari ini (Senin, 30/8/2021), Panitia pelaksana Program Magang DUDI – PKKM mengadakan studi banding dan pemaparan program Mitra DUDI. Pelaksanaan dilaksanakan mulai dari pukul 09.00 wib sampai dengan selesai dan dihadiri oleh seluruh Mitra yang nantinya akan menjadi tempat magang oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kotabumi yang mengikuti program ini.

Ada dua belas (12) Mitra yang hadir, diantaranya adalah:

  1. Bank Muamalat Cabang Kotabumi
  2. Bank Mandiri
  3. Bank Syariah Indonesia
  4. Radar Kotabumi
  5. Radio Basuma FM
  6. Indonesian TV Network
  7. SMA Negeri 3 Kotabumi
  8. SMA IT Insan Robani
  9. SMK Muhammadiyah Kotabumi
  10. SMA Kemala Bhayangkari Kotabumi
  11. SMP Kemala Bhayangkari Kotabumi
  12. SDS Soekarno Hatta Kotabumi

Selain dihadiri Mitra, kegiatan juga dihadiri oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO), Dr. Sumarno, M.Pd., Wakil Rektor II UMKO, Dr. Irawan Suprapto, M.Pd., Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMKO, Dr. Badawi, M.Pd., dan Perwakilan Unit Penjamin Mutu FKIP UMKO, Agung Prihatmojo, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan dibuka oleh sambutan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMKO, Dr. Badawi, M.Pd. Beliau mengucapkan selamat datang serta terima kasih atas kerjasama yang mungkin nanti akan terjalin antara Universitas Muhammadiyah Kotabumi dengan para Mitra Magang DUDI ini. Sambutan kemudian dilanjutkan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Dr. Sumarno, M.Pd. Sejalan dengan Dekan UMKO, Rektor UMKO juga mengucapkan terima kasih atas kesanggupan para Mitra untuk dapat hadir mengikuti kegiatan pada hari ini, dan beliau juga berharap agar para Mitra dapat memberikan bimbingan kepada para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kotabumi yang akan mengikuti kegiatan, sehingga dapat terwujud tujuan yang diharapkan dari program magang DUDI ini.

Penandatanganan Naskah Kerjasama Mitra DUDI – PKKM

Senin, 30 Agustus 2021, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Kotabumi melalui panitia pelaksana program Magang DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri) Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) melaksanakan pertemuan penandatanganan naskah kerjasama magang dunia usaha dan dunia industri. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu dari keseluruhan rangkaian program PKKM yang berhasil dimenangkan oleh Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Adapun mitra yang bekerjasama dengan Jurusan pendidikan kimia yaitu Bank Muamalat Cabang Kotabumi, Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia, Radar Kotabumi, Radio Basuma FM, Indonesian TV Network, SMA Negeri 3 Kotabumi, SMA IT Insan Robani, SMK Muhammadiyah Kotabumi, SMA Kemala Bhayangkari Kotabumi, SMP Kemala Bhayangkari Kotabumi, dan SDS Soekarno Hatta Kotabumi.

Naskah kerjasama yang ditandatangani merupakan kesepakatan para pihak dalam rangka peningkatan kualitas wawasan keilmuan dan profesionalisme mahasiswa tentang situasi dunia kerja dalam program Magang Dunia Usaha Dunia Industri. Melalui pertemuan ini, mitra menyampaikan beberapa hal terkait implementasi kerja sama, diantaranya: 1) pihak mitra berharap mendapatkah ide-ide baru dan saran yang positif dari mahasiswa serta peningkatan produktivitas selama magang berlangsung, serta 2) mitra akan membantu menyediakan dan mengadakan sarana prasarana yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan kerja sama/magang. Artinya, pihak Universitas mendampingi dan memberikan konsultasi selama mahasiswa mengikuti megang di pihak mitra.

Penandatanganan naskah oleh masing-masing kepala dari setiap instansi Mitra yang hadir, sedangkan dari pihak Universitas Muhammadiyah Kotabumi ditandatangani oleh Rektor UMKO yait Dr. Sumarno, M.Pd. Semoga kedepannya, kerja sama ini berjalan dengan lancar sehingga kebutuhan belajar mahasiswa tentang industri dan wirausaha dapat dioptimalkan.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs