Pelatihan Penyusunan Dokumen Panduan, SOP, dan Sistem Konversi Perkuliahan di Luar Program Studi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM)
Pada hari ini, Jumat (24/9/2021) dilaksanakan Pelatihan Penyusunan Dokumen Panduan, SOP, dan Sistem Konversi Perkuliahan di Luar Program Studi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM).

Read More...

Pelatihan Penyusunan Dokumen Panduan, SOP, dan Sistem Konversi Perkuliahan di Luar Program Studi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM)

Pengembangan kurikulum merupakan hak dan kewajiban masing-masing perguruan tinggi, namun demikian dalam pengembangan kurikulum perguruan tinggi harus berlandaskan mulai dari UUD 1945, UU No. 12 Tahun 2012, Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang dituangkan dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2020, serta ketentuan lain yang berlaku (Buku Panduan Pendidikan Tinggi untuk Mendukung MBKM. 2020) . Kurikulum seharusnya mampu menghantarkan mahasiswa menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan tertentu, serta membentuk budi pekerti luhur, sehingga dapat berkontribusi untuk menjaga nilai-nilai kebangsaan, kebhinekaan, mendorong semangat kepedulian kepada sesama bangsa dan ummat manusia untuk meningkatkan kesejahteraan sosial yang berkeadilan serta kejayaan bangsa Indonesia.

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untu menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Melalui kebijakan ini, Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil mata kuliah di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama; mengambil mata kuliah pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda; mengambil mata kuliah pada program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Sehubungan dengan hal tersebut dan dikarenakan Universitas Muhammadiyah Kotabumi merupakan salah satu dari 142 Perguruan Tinggi penerima bantuan dana pendidikan PKKM, maka diselenggarakanlah pelatihan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut. PKKM atau Program Kompetisi Kampus Merdeka adalah program pendanaan bagi perguruan tinggi dengan nilai total Rp. 415 miliar yang ditujukan bagi perguruan tinggi penerima untuk dapat memaksimalkan pelaksanaan 8 IKU dalam perguruan tinggi.

Pada hari ini, Jumat (24/9/2021) dilaksanakan Pelatihan Penyusunan Dokumen Panduan, SOP, dan Sistem Konversi Perkuliahan di Luar Program Studi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). Kegiatan dilaksanakan secara langsung di ruang rapat Universitas Muhammadiyah Kotabumi dengan dihadiri oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Wakil Rektor I, II, dan III, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Ka Prodi penerima Hibah PKKM yakni dari program studi Pendidikan Matematika dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Tim Task force program PKKM, beserta beberapa pelaksana kegiatan PKKM.

Kegiatan pelatihan tersebut, dinarasumberi oleh Drs. Ahmad, M.Pd., Ph.D. dan diagendakan akan berlangsung selama dua hari, yakni dimulai pada hari ini (Jumat, 24/9/2021) hingga Sabtu (25/9/2021) mendatang. Meskipun ketika pelaksanaan dibarengi dengan hujan yang deras, tapi kegiatan tetap berjalan dengan kondusif dan antusiasme peserta membuat kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan terarah.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs