Strategi dan Imlementasi Pembelajaran Jarak Jauh dan Media Pembelajaran bagi Dosen
Pelatihan dilaksanakan secara tatap muka di ruang rapat Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Kegiatan pelatihan diakhiri dengan praktik langsung penggunaan platform OBS.

Read More...

Strategi dan Imlementasi Pembelajaran Jarak Jauh dan Media Pembelajaran bagi Dosen

Pandemi Covid 19 membawa dampak besar pada semua bidang, salah satunya yaitu bidang pendidikan. Meskipun saat ini pandemi sudah mulai menurun tingkat penyebarannya, namun proses pembelajaran masih dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh atau daring untuk beberapa hal. Oleh karena itu, Lembaga Pengembangan Pengajaran dan Pendidikan (LPPP) pada Rabu (03/11/2021) menggelar pelatihan Strategi dan Imlementasi Pembelajaran Jarak Jauh dan Media Pembelajaran bagi Dosen.

Kegiatan pelatihan diawali dengan pemaparan mengenai pentingnya penggunaan media online dalam pembelajaran. Pemaparan tersebut, disampaikan langsung oleh ketua LPPP, Dr. Purna Bayu Nugroho, M.Pd.

Pelatihan dilaksanakan secara tatap muka di ruang rapat Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Sebagai Narasumber Dosen sekaligus Praktisi pendidikan Dosen Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Dewi Ratnaningsih, M.Pd. Beliau memperkenalkan aplikasi yang digunakan dalam perekaman video pembelajaran, salah satunya adalah Open Broadcasting Studio (OBS).

Pada pelatihan ini peserta dilatih menggunakan berbagai platform dalam mengolah video pembelajaran. Peserta dibimbing langkah demi langkah secara langsung untuk memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia dalam platform-platform tersebut, dimulai dari menyiapkan topik pembelajaran, hingga perekaman, dan pengunggahan hasil video pembelajaran.

Kegiatan pelatihan diakhiri dengan praktik langsung penggunaan platform OBS. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta dalam pembuatan video pembelajaran mengenai teknik pembuatan video pembelajaran, aplikasi yang digunakan untuk membuat video pembelajaran, pentingnya kemampuan membuat video pembelajaran bagi Dosen, serta pengetahuan mengenai OBS Studio.

Pelatihan berjalan dengan lancea dan diikuti dengan Antusias oleh seluruh Dosen Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Optimalisasi Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Kotabumi, yang sekaligus menjadi kegiatan penutup dari keseluruhan rangkaian kegiatan.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs