Mengapa Harus Memilih Pendidikan di UMKO?
Berprestasi adalah tradisi pendidikan Muhammadiyah. Tidak main-main, dalam pendidikan Muhammadiyah konsen untuk menyukseskan para peserta didiknya.

Read More...

Mengapa Harus Memilih Pendidikan di UMKO?

Berprestasi adalah tradisi pendidikan Muhammadiyah. Tidak main-main, dalam pendidikan Muhammadiyah konsen untuk menyukseskan para peserta didiknya. Tidak terkecuali, Universitas Muhammadiyah Kotabumi yang juga berprestasi dan melakukan banyak inovasi juga kreasi.

Di masa pandemi ini Universitas Muhammadiyah Kotabumi telah secara aktif menciptakan inovasi-inovasi yang bisa menjadi jalan keluar dalam keterbatasan kegiatan belajar-mengajar yang tidak dapat dilakukan secara tatap muka, selain dari itu, dalam satu tahun ini, para mahasiswa dari UMKO juga berhasil banyak meraih penghargaan dari berbagai cabang perlombaan baik daerah, nasional hingga internasional.

Salah satunya adalah Dewi Ratnaningsih, beliau adalah salah seorang dosen di Universitas Muhammadiyah Kotabumi yang mengajar di program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) UMKO yang berhasil mengembangkan kanal Youtubenya yang bertajuk “guruvirtual.id.” Menurut informasi yang didapat, kanal ini sudah dikembangkan sejak 29 Oktober 2019 lalu, namun mulai ramai digunakan saat pandemi seperti saat ini. Hal tersebut sangat membantu mahasiswa-mahasiswanya dalam belajar meski harus dalam keadaan terbatas.

Selain berbicara mengenai inovasi, hal terpenting saat ingin memilih sebuah lembaga pendidikan tidak bisa dilepaskan dari kualitas, ada banyak perguruan tinggi berkualitas di luar sana, tapi bukan berarti Muhammadiyah yang berbasis ke-islaman tidak bisa bersaing.

Hal tersebut dapat dibuktikan dari banyaknya mahasiswa UMKO yang berhasil baik mengikuti perlombaan maupun meraih cita-citanya setelah lulus kuliah. Misalnya adalah Febri Kuswanto, mahasiswa dari PBSI yang berhasil memenangkan tiga penghargaan sekaligus dalam satu tahun di tahun ini, dimana yang tertinggi adalah lomba cipta puisi tingkat Asean. Ada juga Putri Nur Aini, mahasiswa dari prodi Pendidikan Matematika, dimana ia berhasil meraih medali perunggu dalam olimpiade Sains yang diselenggarakan oleh POSI.

Selain diatas, adalagi Megawati dan Amaliah dua orang mahasiswa masing-masing dari PBSI dan PBI tersebut berhasil meraih dua penghargaan di POSSE. Amaliah meraih juara Harapan 3 tingkat Internasional untuk bidang lomba Baca Puisi, sedangkan Megawati, mendapatkan penghargaan sebagai juara Harapan 1 tingkat Nasional pada bidang lomba Menulis Cerpen.

Kehidupan Mahasiswa di UMKO

Masih banyak lagi prestasi lain dari hampir seluruh program studi dari empat fakultas yang ada di UMKO sudah menunjukan hasil yang sangat memuaskan, meski jika dilihat dari usianya, UMKO masih terbilang sangat muda, yakni baru berusia dua tahun dari berdirinya hingga saat ini.

Tidak hanya dari dosen dan mahasiswa, prestasi membanggakan pun berhasil diraih oleh pustakawan UMKO, Dian Rifia Syaifudin, M.IP., yang merupakan kepala perpustakaan UMKO, berhasil menjadi Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021 yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung.

Selain prestasi-prestasi diatas, hal lainnya yang membanggakan dari Universitas Muhammadiyah Kotabumi antara lain; 1) satu-satunya perguruan tinggi dengan status universitas di Lampung Utara, 2) memiliki 4 fakultas yang terbagi menjadi 11 program studi, hal ini berarti juga UMKO satu-satunya perguruan tinggi dengan prodi terlengkap di Lampung Utara, 3) Telah terakreditasi B hampir di seluruh program studinya, 4) fasilitas penunjang pembelajaran yang memadai, 5) telah banyak memenangkan hibah pendidikan dari kemdikbudristek, 6) berkolaborasi dengan banyak mitra baik dari dunia usaha maupun dunia industri, 7) banyak peluang beasiswa, 8) sistem informasi yang terintegrasi, 8) banyak UKM berprestasi, 9) lokasi kampus yang strategis.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs