Terapkan Cara Ini Agar Dapat Lulus Tepat Waktu
Sahabat sebagai mahasiswa pasti ingin lulus kuliah tepat pada waktunya atau mungkin lebih cepat. Selain bisa menghemat biaya kuliah, lulus tepat waktu juga bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Mari simak cara yang bisa kamu terapkan agar perkuliahanmu berjalan dengan lancar dan lulus tepat pada waktunya!

Read More...

Terapkan Cara Ini Agar Dapat Lulus Tepat Waktu

Lulus kuliah dengan hasil memuaskan atau IPK yang tinggi saat ini bukan lagi menjadi satu-satunya harapan kebanyakan mahasiswa. Ada satu hal lain lagi yang menjadi target dalam menjalani kuliah, yaitu lulus menjadi sarjana secepat mungkin.

Ya, saat ini banyak mahasiswa yang sudah menyadari bahwa berlama-lama menjalani perkuliahan adalah pemborosan. Baik dari segi waktu maupun biaya kuliah yang tidaklah ringan bahkan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sekalipun.

Sehingga hal tersebut bagi mahasiswa, menjadi hal yang ingin diraih. Motivasinya banyak, mulai dari ingin segera mendapatkan pekerjaan atau ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sebenarnya, kualitas pembelajaran dan ukuran pengetahuan seorang sarjana tidak tergantung pada lama waktu saat kuliah saja. Kualitas seorang sarjana bisa diukur dengan seberapa paham ia dengan berbagai persoalan yang akan dihadapi di kemudian hari dan kemudian menemukan solusi dengan pikirannya.

Namun, pada faktanya lebih banyak mahasiswa yang menginginkan lulus lebih cepat kurang dari empat tahun atau pada semester 7. Tujuannya, agar mereka bisa memiliki waktu lebih banyak untuk belajar dan mendapatkan pengalaman di luar kampus.

Nah, Sahabat sebagai mahasiswa pasti ingin lulus kuliah tepat pada waktunya atau mungkin lebih cepat. Selain bisa menghemat biaya kuliah, lulus tepat waktu juga bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Mari simak cara yang bisa kamu terapkan agar perkuliahanmu berjalan dengan lancar dan lulus tepat pada waktunya! Merangkum dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, berikut tips lulus kuliah tepat waktu.

Manajemen Waktu

Mahasiswa haru mampu membagi waktu antara kegiatan perkuliahan dengan organisasi atau bekerja secara seimbang.

Ikut kegiatan atau organisasi saat berkuliah bukanlah hal yang salah. Namun, mahasiswa harus sanggup memegang kendali atas tanggung jawabnya. Dengan begitu, baik kuliah maupun kegiatan organisasi tetap bisa maksimal.

Ingatlah, bahwa tugas utama kita adalah menjadi mahasiswa dan belajar dengan giat agar bisa lulus tepat waktu.

Proaktif

Jadilah mahasiswa proaktif dan manfaatkan fasilitas serta kegiatan yang disediakan kampus dengan baik. Kamu dapat meminta bantuan dengan dosen atau asisten pengajar, penasihat akademik, hingga sesama mahasiswa. Kamu juga dapat mencarinya melalui web resmi yang dikelola langsung oleh kampus tempatmu berkuliah.

Prioritas

Kamu harus sadar apa kewajibanmu sebagai mahasiswa. Tugas utamamu adalah belajar. Hasil yang diinginkan oleh orang tua dan kampus adalah kamu bisa lulus tepat waktu, memiliki nilai yang bagus, dan memiliki kepribadian yang unggul.

Jika kamu sejak awal sudah tahu apa tugasmu, maka selanjutnya yang harus kamu upayakan adalah bagaimana cara mencapainya.

Jadikan kuliah sebagai prioritas. Selalu ada hal yang menghambat seperti motivasi yang naik-turun, sulit beradaptasi, persoalan dana kuliah, atau masalah lainnya.

Namun, jika kamu sudah mencanangkan bahwa tugasmu saat kuliah adalah belajar sebaik-baiknya, maka seberat apapun masalah yang kamu hadapi, pasti ada jalan keluar.

Komitmen

Langkah terakhir adalah berkomitmen. Komitmen yang kuat, akan membantu kita mencapai tujuan. Ketahui mata kuliah mendatang sebelum perkuliahan dimulai. Perbanyak berkonsultasi dengan dosen pembimbing akademikmu untuk meminta saran agar dapat lulus tepat waktu.

Minimnya waktu yang dimiliki dosen untuk membimbing mahasiswanya seringkali menjadi hambatan lulus. Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus menentukan jadwal pertemuan tetap dengan dosen pembimbing. Jangan lupa untuk mengingatkan dosen kamu di hari sebelum pertemuan.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs