LLDIKTI II Raih Predikat Sangat Baik dalam Penilaian Evaluasi SAKIP 2021
Rektor dan Segenap Sivitas Akdemika Universitas Muhammadiyah Kotabumi mengucapkan selamat atas terpilihnya Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah II untuk satuan kerja UPT daerah terbaik Pertama.

Read More...

LLDIKTI II Raih Predikat Sangat Baik dalam Penilaian Evaluasi SAKIP 2021

Rektor dan Segenap Sivitas Akademika Universitas Muhammadiyah Kotabumi mengucapkan selamat atas terpilihnya Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah II untuk satuan kerja UPT daerah terbaik Pertama.

Dalam kategori ini, LLDIKTI wilayah II meraih predikat sangat baik dengan nilai atau skor 99.18; terbaik kedua diraih oleh LPMP Gorontalo dengan nilai 99,03; dan terbaik ketiga diraih oleh LPMP Jawa Barat dengan nilai 96,68 meraih predikat sangat baik.

Penghargaan ini, diberikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, kepada unit kerja dan satuan kerja di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang memiliki nilai kinerja terbaik dalam penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan pengelolaan anggaran tahun 2021. Penghargaan ini diberikan atas capaian unit kerja dan satuan kerja/Unit Pelaksana Teknis (UPT) daerah dalam merealisasikan tata kelola pemerintahan yang semakin akuntabel.

Berdasarkan hasil evaluasi SAKIP, dari 354 satuan kerja yang ada di lingkungan Kemendikbudristek, terdapat 151 atau 42,9 persen satuan kerja yang mendapatkan predikat A (memuaskan). Kemudian, sebanyak 131 atau 37,2 persen satuan kerja mendapatkan predikat BB (sangat baik).

“Pertama kami ingin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua unit kerja dan satuan kerja Kemendikbudristek atas kerja keras dan kerja cerdasnya dalam mempertahankan akuntabilitas dan efektivitas kerja. Juga dalam pengelola pelaksanaan anggaran yang berkualitas sepanjang tahun 2021,” ungkap Mendikbudristek pada acara Penganugerahan Penghargaan Mendikbudristek atas Implementasi SAKIP dan Nilai Kinerja Anggaran (NKA) Terbaik Tahun 2021 secara daring di Jakarta, pada Selasa (15/3).

Atas capaian tersebut, Kemendikbudristek berhasil meraih peringkat ketiga sebagai kementerian/lembaga (K/L) terbaik, pada penilaian kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2021 untuk kategori K/L besar. Kemendikbudristek mencatatkan nilai 82,25, di bawah Kementerian Pertahanan yang meraih nilai 94,59 pada posisi pertama, dan Kepolisian Republik Indonesia dengan nilai 91,67 pada posisi kedua. Sementara itu, pada implementasi SAKIP, Kemendikbudristek meraih peringkat kelima sebagai kementerian/lembaga (K/L) terbaik dengan nilai 94,96 dan predikat sangat baik.

Capaian ini, harus dijadikan pengingat untuk terus meningkatkan kualitas kinerja Kemendikbudristek dalam melaksanakan transformasi pendidikan.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti mengungkapkan kegembiraannya melihat hasil evaluasi SAKIP 2021 di lingkungan Kemendikbudristek. “Hal ini sangat menggembirakan karena yang mendapatkan predikat A dan BB mengalami peningkatan. Sementara itu, yang mendapatkan predikat di bawahnya semakin berkurang karena semuanya sedang proses bergerak maju,” ujar Suharti.

Sementara itu, pelaksana tugas (plt.) Kepala Biro Perencanaan Kemendikbudristek Fahturahman menyampaikan bahwa komponen evaluasi atas implementasi SAKIP terdiri dari lima komponen. Lima komponen tersebut yaitu perencanaan kinerja sebesar 30%, pengukuran kinerja sebesar 25%, pelaporan kinerja sebesar 15%, evaluasi kinerja sebesar 10%, dan capaian kinerja sebesar 20%.

Sumber: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/03/evaluasi-sakip-2021-81-persen-satker-raih-predikat-memuaskan-dan-sangat-baik

Managed & Maintenanced by ArtonLabs