Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Ilmu Kependidikan (FKIP) UMKO
Dalam rangka meningkatkan motivasi, ketrampilan dan produktivitas para dosen khususnya bidang Kependidikan Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO). UMKO bekerjasama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah II mengadakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bidang Ilmu Kependidikan bagi para dosen yang berada di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMKO pada tanggal 23 hingga 24 Juni 2022 bertempat di ruang rapat Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Read More...

Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Ilmu Kependidikan (FKIP) UMKO

Dalam rangka meningkatkan motivasi, ketrampilan dan produktivitas para dosen khususnya bidang Kependidikan Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO). UMKO bekerjasama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah II mengadakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bidang Ilmu Kependidikan bagi para dosen yang berada di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMKO pada tanggal 23 hingga 24 Juni 2022 bertempat di ruang rapat Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Acara ini dihadiri tidak hanya oleh dosen-dosen dari FKIP namun juga dosen-dosen dari Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) UMKO.

Dalam sambutan pembukaanya, Rektor Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Dr. Sumarno, M.Pd. memperkenalkan jurnal-jurnal yang dikelola oleh masing-masing Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

“Universitas Muhammadiyah Kotabumi memiliki 4 Fakultas dan 12 Program Studi yang terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mengelola lima program studi, yaitu: program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI); program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI); program studi Pendidikan Matematika (PMTK); program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD); dan, program studi Pendidikan Jasmani (Penjas). Setelah itu ada Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS) mengelola 3 program studi, yakni: prodi Hukum (S1), prodi Ilmu Komunikasi (Ilkom); dan, program studi Magister Hukum (S2) yang baru diresmikan bulan April lalu. Selanjutnya, UMKO juga memiliki Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) yang mengelola 3 program studi, diantaranya: prodi Agribisnis; prodi Agroteknologi; dan, prodi Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak (NTPT). Terakhir, UMKO memiliki Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) yang mengelola 1 program studi, yaitu program studi sistem dan teknologi informasi (STI).” terang Dr. Sumarno, M.Pd.

“Dari situ, kami memiliki 6 buah jurnal yang dikelola masing-masing fakultas dan prodi. FKIP memiliki Edukasi Lingua Sastra (ELSA) yang dikelola oleh prodi PBSI dan PBI, jurnal Eksponen yang dikelola oleh prodi Pendidikan Matematika, Jurnal Hukum Legalita, Jurna Agrimals yang dikelola oleh FPP, Jurnal Sienna dikelola oleh prodi STI, dan terakhir adan jurnal Komsospol yang dikelola oleh Ilkom.” lanjut Dr. Sumarno.

Kepala LLDikti Wilayah II, yang pada kesempatan ini diwakili oleh Kabag Tata Usaha LLDIKTI II, Bapak Fansyuri Dwi Putra, S.E., M.Si menyampaikan apresiasi kepada para peserta dan narasumber serta tim LLDikti II yang telah menyelenggarakan acara Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah ini untuk mendorong iklim menulis di Lampung khususnya di Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa acara ini penting untuk terus meningkatkan kemampuan dosen dalam perannya di dunia pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Hasil riset haruslah memiliki manfaat bagi ilmu pengetahuan dan harus menjadi “core” dalam pembelajaran. Dalam praktiknya, pengetahuan, dan pengalaman seseorang bisa disampaikan melalui ceramah atau dalam bentuk tulisan ilmiah yang mengikuti tata aturan baku yang sudah ditentukan. Katanya.

Riset juga bermanfaat bagi kepentingan pribadi para dosen dalam penyusunan BKD guna kenaikan pangkat dosen. Kenaikan pangkat dosen terikat dengan angka kredit yang salah satunya dihasilkan dari penelitian. Pada akhir sambutannya, Kepala LLDikti berpesan bahwa acara ini harus ditindaklanjuti dengan karya nyata berupa tulisan yang dapat diekspos lebih luas dalam bentuk jurnal yang ada. Ujarnya.

Pendampingan ini menghadirkan 3 (tiga) orang narasumber/pemateri yaitu Dr. Dedi Turmudi, S.Pd., MA. TESOL dari Universitas Muhammadiyah Metro, Dr. Tri Yuni Hendrowati, M.Pd. dari Universitas Muhammadiyah Pringsewu, dan Ahyar Ridho, S.S., M.A., Ph.D. dari Universitas Teknokrat Indonesia.

Selain teori mengenai kepenulisan, kegiatan juga direncanakan mengadakan bedah artikel dan evaluasi serta kesimpulan artikel oleh tim pendamping. Draf artikel atau jurnal yang dihasilkan oleh para dosen diharapkan akan lebih sepmurna sehingga layak untuk diajukan dalam Jurnal. Hal ini juga menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah publikasi dan sitasi bagi UMKO.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs