Kementerian Keuangan menggelar Lomba Debat APBN 2022 untuk Mahasiswa
Lomba Debat APBN adalah sebuah kompetisi berskala nasional yang memiliki titik fokus pada APBN, mulai dari pengetahuan dasar, isu terkini, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan APBN.

Read More...

Kementerian Keuangan menggelar Lomba Debat APBN 2022 untuk Mahasiswa

Di situasi pandemi Covid-19 yang akan bertransisi menjadi endemi, kita harus tetap semangat belajar dan selalu optimis. APBN sebagai salah satu alat dalam menjaga momentum dan stabilitas pertumbuhan ekonomi dengan tetap memperhatikan dampak sosial dan kesehatan, mesti dipahami bagaimana mekanisme dari perancangan hingga pelaksanaannya.

Lomba Debat APBN adalah sebuah kompetisi berskala nasional yang memiliki titik fokus pada APBN, mulai dari pengetahuan dasar, isu terkini, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan APBN. Lomba Debat APBN ini diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan dengan menargetkan peserta dari kalangan mahasiswa/i se-Indonesia. Perlombaan ini bertujuan untuk mengasah pengetahuan di bidang pengelolaan keuangan negara serta menumbuhkan kemampuan dalam hal mengemukakan pendapat. Selain itu, lomba ini juga diselenggarakan sebagai upaya untuk melatih kemampuan berpikir kritis secara cepat dan tepat guna memecahkan suatu persoalan, tidak hanya berdasarkan teori, tetapi juga terkait dengan pengaplikasiannya.

Lomba Debat APBN 2022 terbuka bagi mahasiswa D3/D4/S1 aktif di Indonesia. Ini kesempatan mahasiswa memberikan gagasan terbaik untuk kemudian bersaing dengan peserta lainnnya.

Lomba diikuti oleh tim yang terdiri dari tiga orang mahasiswa dari perguruan tinggi yang sama. Tema kompetisi kali ini adalah Kebijakan APBN Menghadapi Kenaikan Harga Komoditas Pangan dan Energi. Setiap finalis berhak mendapatkan dana pendidikan, sertifikat, dan piala.

Tema kompetisi kali ini adalah “Kebijakan APBN Menghadapi Kenaikan Harga Komoditas Pangan dan Energi.” Setiap finalis berhak mendapatkan dana pendidikan, sertifikat, dan piala.

Persyaratan Lomba Debat APBN 2022

  1. Peserta merupakan mahasiswa/i D3/D4/S1 aktif di Perguruan Tinggi di Indonesia dan dapat dibuktikan dengan tanda pengenal mahasiswa dari kampus.
  2. Lomba debat bersifat tim yang terdiri dari tiga orang mahasiswa/i. Setiap anggota tim wajib berasal dari satu perguruan tinggi yang sama.
  3. Setiap tim diwajibkan mengirim gagasannya melalui esai/policy brief sesuai tema kompetisi dan merupakan hasil karya anggota tim, serta belum pernah dipublikasikan di media apapun.
  4. Ketentuan lebih lanjut dapat diakses pada laman klc2.kemenkeu.go.id/debat_apbn

Tunggu apa lagi? Segera daftar dan nyatakan gagasan terbaikmu! Pendaftaran dan info lebih lanjut silakan akses tautan https://klc2.kemenkeu.go.id/debat_apbn.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs