UMKO Ikuti Simposium Nasional Sistem Paten Menghadapi Era Industri 4.0
Asosiasi Sentra Kekayaan Intelektual Perguruan Tinggi Muhammadiyah (ASKI-PTM) Bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Semarang dan Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Semarang menggelar acara simposium yang dihadiri oleh lebih dari 52 Pimpinan perguruan tinggi muhammadiyah se-Indonesia. Simposium dilaksanaan pada tanggal 1-2 September 2022 di Universitas Muhammadiyah Semarang.

Read More...

UMKO Ikuti Simposium Nasional Sistem Paten Menghadapi Era Industri 4.0

Di era revolusi industri 4.0 ini, basis informasi teknologi (IT) di satu sisi terbukti mampu mempercepat dan mengefisiensikan tugas sentra KI, namun di sisi lain merupakan tantangan perlindungan di dunia digital. Perubahan telah berlangsung, database paten yang dulu sulit diperoleh, pada saat ini telah mudah kita dapatkan baik melalui mesin pencari (mis. Google Patent Search) maupun melalui aplikasi pada website resmi Kantor Intelektual Negara yang bersangkutan (JPO-PAJ, USPTO-PATFT, EPO-Espacenet dll).

Guna mengembangkan Sistem Paten Indonesia Era Industri 4.0 bagi kepentingan pengembangan data base invensi Paten serta kinerja tata kelola Sentra Kekayaan Intelektual Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, khususnya Perguruan Tinggi Muhammadiyah Se-Indonesia.

Asosiasi Sentra Kekayaan Intelektual Perguruan Tinggi Muhammadiyah (ASKI-PTM) Bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Semarang dan Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Semarang menggelar acara simposium yang dihadiri oleh lebih dari 52 Pimpinan perguruan tinggi muhammadiyah se-Indonesia. Simposium dilaksanaan pada tanggal 1-2 September 2022 di Universitas Muhammadiyah Semarang. Dimana Universitas Muhammadiyah Koatabumi (UMKO) menjadi salah satu peserta dalam kegiatan tersebut, dalam hal ini, Rektor Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Dr. Sumarno, M.Pd., hadir langsung guna menandatangi perjanjian kerjasama (PKs) antar perguruan tinggi muhammadiyah se-Indonesia dalam hal paten sentra KI.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari ketua ASKI-PTM, Prof. Kun Harismah, Ph.D., sambutan Rektor Unimus, Prof. Dr. Masruki, M.Pd., sambutan Ketua Majelisdiktilitbang PP Muhammadiyah, Prof, Dr. Lincolyn Arsyad sekaligus membuka Simposium, dengan keynote, Keynote Speech oleh Dirjen DJKI Ir. Razilu, M.Si. (plt). Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI dengan Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTM/A)/ASKI PTM Dilanjutkan Penyerahan Penghargaan 1000 Pencatatan Hak Cipta ASKI PTM/A Tahun 2022 oleh Dirjen DJKI RI.

Diharapkan, dari mengikuti kegiatan ini, Universitas Muhammadiyah Kotabumi dapat lebih meningkatkan lagi hasil atau produk kekayaan intelektualnya.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs