Tips Dapat Beasiswa Kuliah; Yuk, Cari Tahu ada Beasiswa Apa Aja di UMKO
Meski prosesnya terkesan rumit, beasiswa kuliah dapat menjadi salah satu jalan keluar paling baik untuk kalian melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, lho. Khususnya untuk teman-teman yang berprestasi namun terkendala biaya. Lantas, hal-hal apa saja sih yang bisa kamu lakukan agar berkesempatan mendapatkan beasiswa kuliah? Yuk, simak cara mendapat beasiswa kuliah berikut ini!

Read More...

Tips Dapat Beasiswa Kuliah; Yuk, Cari Tahu ada Beasiswa Apa Aja di UMKO

Melanjutkan studi tanpa harus keluar biaya tentu menjadi impian banyak orang. Satu di antara cara untuk mewujudkannya yaitu dengan mendapat beasiswa di perguruang tinggi impian. Namun, untuk meraih hal itu, tentu bukan perkara mudah. Informasi beasiswa terbatas dan proses seleksi yang ketat membuat tidak semua pelajar bisa mendapatkan kesempatan tersebut.

Meski prosesnya terkesan rumit, beasiswa kuliah dapat menjadi salah satu jalan keluar paling baik untuk kalian melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, lho. Khususnya untuk teman-teman yang berprestasi namun terkendala biaya. Lantas, hal-hal apa saja sih yang bisa kamu lakukan agar berkesempatan mendapatkan beasiswa kuliah? Yuk, simak cara mendapat beasiswa kuliah berikut ini!

1. Melakukan Riset dan Kumpulkan Informasi Seputar Beasiswa

Hal pertama yang perlu teman-teman lakukan adalah jangan ragu atau malas untuk melakukan riset dan mengumpulkan informasi beasiswa dari mana saja, misalnya seperti mencari informasi ke pihak sekolah, saudara, teman, atau alumni kampus, atau bisa mengirimkan pesan surel kampus serta lembaga penyedia beasiswa yang memang ingin dituju. Selain itu tadi, bisa juga mencari informasi beasiswa di media sosial atau laman web resmi kampus yang ingin diketahui.

2. Pahami Jenis Beasiswa dan Syaratnya

Beasiswa itu ada banyak macamnya. Berdasarkan lembaga penyedianya, ada beasiswa dari pemerintah seperti Bidikmisi atau KIP Kuliah, beasiswa organisasi, atau ada juga beasiswa perusahaan seperti beasiswa Djarum, beasiswa Bank Indonesia, dan sebagainya. Kalau berdasarkan jenis-jenis beasiswa, ada beasiswa penghargaan, akademik/non-akademik, ekonomi, dan lain-lain. Cara mendapat beasiswa kuliah berbeda-beda untuk setiap jenisnya. Maka dari itu, pastikan kamu mencermati syarat setiap beasiswa dengan baik.

Umumnya, apa saja sih kriteria dan syarat dapat beasiswa kuliah? Apakah harus memiliki prestasi? Perlukah memiliki nilai rapor dengan angka tertentu? Nah, hal-hal itulah yang harus kamu gali lagi. Suatu program beasiswa akan memiliki kriteria dan syarat berbeda-beda, tergantung dari lembaga penyedia beasiswa itu sendiri.

Sebagai contoh, beasiswa penghargaan dari universitas. Beasiswa ini biasanya diberikan kepada siswa berprestasi sehingga kriterianya akan berfokus pada prestasi akademik. Bantuan pendidikan yang diberikan dapat berupa pendanaan biaya kuliah secara penuh atau potongan biaya pendidikan.

Contoh lainnya adalah beasiswa ekonomi yang diberikan kepada siswa kurang mampu. Beasiswa ini biasanya mewajibkan peserta melampirkan keterangan tidak mampu secara ekonomi. Bantuan yang diberikan berupa pembiayaan kuliah secara penuh atau potongan biaya pendidikan guna meringankan pihak keluarga penerima beasiswa tersebut. Beasiswa ekonomi ini banyak diselenggarakan oleh lembaga pemerintah.

3. Konsultasi dengan Guru atau Orang Tua

Sebelum mengambil tawaran suatu beasiswa, ada baiknya kamu membicarakan terlebih dahulu dengan guru atau orang tua. Bersama guru di sekolah, kamu bisa mendiskusikan beasiswa yang cocok denganmu. Apakah prestasimu di sekolah memenuhi kriteria beasiswa tersebut? Kamu juga bisa mengecek kebenaran informasi beasiswa yang kamu dapat melalui pihak sekolah.

Selain itu, dalam urusan beasiswa, kamu pun membutuhkan restu dari orang tua. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu beasiswa yang akan kamu ambil kepada orang tuamu. Siapa tau, mereka dapat membantumu mempersiapkan persyaratannya, atau bahkan mereka memiliki opsi lebih baik yang bisa kamu ambil.

Nah., itulah tips dasar yang wajib diketahui oleh setiap calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi melalui jalur beasiswa. Namun diantara itu semua, Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO), memberikan peluang bagi seluruh putra-putri Indonesia untuk dapat melanjutkan studinya disana melalui jalur beasiswa, setidaknya UMKO membuka 5 jalur masuk istimewa yang ditawarkan Universitas Muhammadiyah Kotabumi untuk program sarjana yakni:

  1. Jalur Masuk Bina Lingkungan
  2. Jalur Masuk bagi Hafidz dan Hafidzah
  3. Jalur Undangan
  4. Jalur Prestasi Mahasiswa
  5. Jalur Persyarikatan Muhammadiyah

Jadi, tunggu apalagi, yuk cari tahu kelima beasiswa tersebut dan segera bergabung di Universitas Muhammadiyah Kotabumi dan buka peluang masa depanmu seluas-luasnya. Kepoin pendaftarannya di http://siakad.umko.ac.id/spmbfront/jalur-seleksi.

Sumber: https://pahamify.com/blog/pahami-kampus/jurusan-dan-kampus/cara-mendapat-beasiswa-kuliah/

Managed & Maintenanced by ArtonLabs