Cara Mengembangkan Perguruan Tinggi Muhammadiyah menurut Prof. Bambang Setiadji
Rektor UMKT Prof. Bambang Setiadji menuturkan bahwa yang paling penting dalam membangun perguruan tinggi adalah merekrut dosen yang unggul.

Read More...

Cara Mengembangkan Perguruan Tinggi Muhammadiyah menurut Prof. Bambang Setiadji

Berkaca dari pengalaman perkembangan pesat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT), Rektor UMKT Prof. Bambang Setiadji menuturkan bahwa yang paling penting dalam membangun perguruan tinggi adalah merekrut dosen yang unggul.

Oleh karena itu, kata Bambang, sebuah Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah (PTMA) harus memiliki target untuk menyekolahkan lagi dosen yang dimiliki untuk mengupgrade keilmuan. Dia mencontohkan di UMKT itu memiliki target 70 persen dosen yang mengajar di sana harus sudah doktor.

Hal yang sama juga dilakukannya ketika dirinya menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). “Maka dari itu UMS itu masuk dalam ranking QS Star mulai dari tahun 2015,” ucap Prof. Bambang pada, Selasa (10/1) di acara Resepsi Milad ke-7 Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Prof. Bambang menambahkan, bahwa dengan alasan pengembangan PTMA melalui pendidikan lanjut doktor, saat ini Muhammadiyah sudah membuka Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) dengan program S2 dan S3. Bagi PTMA rintisan dan yang baru berkembang, dirinya mendorong supaya dosennya dikirim untuk studi di UMAM.

Bahkan di UMKT bukan hanya dosen yang dikirim untuk studi lanjut doktoral, tetapi tenaga pendidik juga dikirim studi lanjut pada jenjang S2. Kedua hal itu, imbuhnya, merupakan kunci UMKT tercatat sebagai PTMA dengan rasio perkembangan yang luar biasa dibandingkan dengan PTMA yang lain.

Cara lain yang menurutnya efektif untuk mengembangan PTMA menurut Bambang Setiadji adalah marketing. Dari pengalamannya metode marketing yang dikembangkan UMKT berhasil menambah jumlah mahasiswa baru secara signifikan. Menurutnya, marketing ini meliputi banyak hal, termasuk warna dan bentuk gedung atau bangunan sebuah kampus.

Langkah selanjutnya dalam mengembangkan PTMA adalah dengan menonjolkan kegiatan-kegiatan internasional.  Dalam menonjolkan kegiatan internasional, Prof. Bambang Setiadji selalu menggandeng media untuk memviralkan kegiatan tersebut, bukan hanya media internal kampus, tetapi juga eksternal.

 Sementara itu, menanggapi model pembelajaran yang adaptif terhadap perkembangan zaman, Prof. Bambang mendorong dosen untuk menulis modul dan memproduksi video-video kuliah untuk materi perkuliahan jarak jauh. Hal ini untuk mengimbangi dan menjawab tantangan kemajuan teknologi informasi, di mana belajar bisa dari mana saja.

Beberapa cara yang disebutkan di atas dan cara-cara lain yang dipaparkan oleh Prof. Bambang berhasil membawa UMKT menjadi PTMA dengan rentang usia yang relatif muda dengan pertumbuhan luar biasa. Sampai-sampai Ketua PP Muhammadiyah, Ahmad Dahlan Rais menyebut UMKT menjadi kampus dengan perkembangan terpesat milik Muhammadiyah.

Sumber: https://muhammadiyah.or.id/cara-mengembangkan-perguruan-tinggi-muhammadiyah-menurut-rektor-umkt/

Managed & Maintenanced by ArtonLabs