Pustakawan UMKO Jadi Salah Satu Peserta Silaturahmi Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah di Lombok
Mengingat begitu pentingnya peranan Perpustakaan Perguruan Tinggi, maka dibentuklah Forum Silaturahmi Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah atau FSPPTM sebagai sebuah organisasi yang menghimpun seluruh perpustakaan yang bernaung di bawah institusi Perguruan Muhammadiyah pada tahun 2004 di UM Yogyakarta.

Read More...

Pustakawan UMKO Jadi Salah Satu Peserta Silaturahmi Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah di Lombok

Perpustakaan merupakan bagian dari sektor penunjang keberhasilan pencapaian sektor pendidikan, terlebih di tingkat Perguruan Tinggi. Mengingat begitu pentingnya peranan Perpustakaan Perguruan Tinggi, maka dibentuklah Forum Silaturahmi Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah atau FSPPTM sebagai sebuah organisasi yang menghimpun seluruh perpustakaan yang bernaung di bawah institusi Perguruan Muhammadiyah pada tahun 2004 di UM Yogyakarta.

Kegiatan Silaturahmi Nasional Perpustakaan PTMA ini diadakan dalam rangka Rakornas Pengurus Pusat, Korwil, dan Anggota FPPTMA, sekaligus Seminar Nasional.

Rakornas sekaligus Seminar yang mengambil tema ” Membangun Ekosistem Digital: Transformasi Perpustakaan Mendukung Merdeka Belajar” ini, berlangsung mulai dari tanggal 21 hingga 23 Februari 2023, dengan mengambil tempat di Lombok Nusa Tenggara Barat.

Berdasarkan undangan yang diterima pihak Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO), Perpustakaan UMKO mengiriknan satu pustakawan yang diwakili langsung oleh Kepala Perpustakaan UMKO, Dian Rifia Syaifudin, MIP.

Selain menghadiri forum silaturahmi ini, dalam rangkaian acaranya, FSPPTM juga mengadakan lomba menulis esai dengan tema yang sama dengan seminar yang dilaksanakan, dimana perwakilan dari UMKO juga turut bersaing dalam kompetisi nasional ini dan berhasil meraih peringkat juara harapan ketiga. Lomba menulis esai tingkat nasional ini diwakili oleh Nabilah Indah Safitri dan Uswatun Hasanah, mahasiswa dari program studi Agribisnis, Fakultas Peternakan dan Pertanian UMKO.

Menjadi narasumber: Syafril, S.Pd., M.Pd., (Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Mataram) dan Ismail Fahmi, Ph.D (Founder PT Media Kernels Indonesia, Founder Drone Emprit Academik, Dosen MTI UII Yogyakarta). Materi yang diberikan merupakan materi yang memang saat ini dibutuhkan oleh Pustakawan dalam menejemen perpustakaan di masing-masing instansi perpustakaan mereka.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan semua peserta tampak semangat dalam mengikuti seluruh runtutan kegiatan dari awal hingga selesai. Peserta yang merupakan berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah seluruh Indonesia, akan tetapi kebersamaan mereka tampak kompak dan saling mengenal meski baru bertemu di acara ini.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs