UMKO Kembali Memenangi Kompetisi PKKM
PKKM pada tahun anggaran 2023 ini, yang berhasil dimenangkan oleh Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) difokuskan pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Hal tersebut diperkuat dengan dikeluarkannya surat nomor: 0296/E.E3/KU.07.00/2023, oleh Kemdikbudristek.

Read More...

UMKO Kembali Memenangi Kompetisi PKKM

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia pada tahun 2023 ini kembali menyelenggarakan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). PKKM diselenggarakan dalam rangka mendukung implementasi kebijakan Kampus Merdeka, yang bertujuan untuk mendorong transformasi di bidang pendidikan tinggi.

PKKM merupakan program kompetisi terbuka yang dapat diikuti oleh seluruh PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang memenuhi syarat. Terdapat tiga kategori perguruan tinggi yang dapat mengajukan proposal, yaitu Liga I untuk perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa aktif lebih dari 18 ribu orang dan minimal terakreditasi B atau baik sekali; Liga II untuk perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa aktif antara 5.001 sampai 18 ribu orang dan minimal terakreditasi baik sekali; dan Liga III untuk perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa aktif antara seribu hingga lima ribu orang.

Berbeda dari tahun sebelumnya, PKKM pada tahun anggaran 2023 ini, yang berhasil dimenangkan oleh Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) difokuskan pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Hal tersebut diperkuat dengan dikeluarkannya surat nomor: 0296/E.E3/KU.07.00/2023, oleh Kemdikbudristek.

Program Kompetisi Kampus Merdeka telah menghasilkan pengaruh di beberapa Indikator Kinerja Utama dan juga luaran yang dapat mendorong penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam lingkungan Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Manfaatnya terhadap perkembangan Perguruan Tinggi secara keseluruhan, kemudian katalasilator perubahan kurikulum untuk menjadi lebih fleksibel sebagai bagian dari MBKM, pengembangan sistem di setiap PT untuk mendukung MBKM di seluruh Prodi (tidak hanya Prodi yang menjadi bagian dari PKKM), peningkatan antusiasme dari mahasiswa dan dosen dalam mengikuti dan menyukseskan MBKM di UMKO.

Sehingga diharapkan, dengan didapatkannya kembali program hibah ini, dapat menjadi semangat baru bagi UMKO untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui kurikulum kampus merdeka.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs