Dorong Bakat Wirausaha Muda Indonesia Melalui Program Wirausaha Merdeka
Program Wirausaha Merdeka diharapkan dapat memberikan bekal dan pengetahuan praktis kepada mahasiswa untuk mendukung pembangunan ekonomi Indonesia. Pendaftaran dan informasi lebih lanjut dapat melalui: https://wirausahamerdeka.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/info/ Periode Pendaftaran Mahasiswa Peserta 13 Juni 2023 – 10 Juli 2023

Read More...

Dorong Bakat Wirausaha Muda Indonesia Melalui Program Wirausaha Merdeka

Pada tahun 2022, pemerintah Indonesia mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 2 tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional tahun 2021-2024. Perpres ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan ekonomi, iklim usaha, dan kesempatan kerja di Indonesia. Salah satu targetnya adalah menciptakan satu juta wirausaha baru menjelang akhir tahun 2024.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendukung target tersebut dengan meluncurkan Program Wirausaha Merdeka, yang menyasar mahasiswa di perguruan tinggi. Program ini mengembangkan pembelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan keterampilan dan pengalaman berwirausaha mahasiswa.

Program Wirausaha Merdeka telah berhasil menarik lebih dari 11.000 mahasiswa di seluruh Indonesia pada angkatan pertama tahun 2022. Pada tahun 2023, program tersebut kembali membuka pendaftaran untuk angkatan kedua.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, menyatakan bahwa Program Wirausaha Merdeka tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa dan lingkungan sekitar, tetapi juga mendukung target nasional untuk mencapai satu juta wirausahawan baru pada tahun 2024.

Dalam diskusi yang melibatkan perwakilan dari beberapa perguruan tinggi, diungkapkan bahwa masih banyak mahasiswa yang merasa sulit untuk memulai karier sebagai wirausahawan. Namun, dengan pembekalan dan bimbingan yang komprehensif, kepercayaan diri mahasiswa dapat ditingkatkan.

Program Wirausaha Merdeka hadir sebagai solusi untuk meningkatkan jumlah lulusan perguruan tinggi yang memiliki kemampuan kewirausahaan. Melalui program ini, mahasiswa mendapatkan dukungan intensif melalui lokakarya dan praktik langsung dalam merancang bisnis masa depan mereka.

Pada angkatan kedua, Program Wirausaha Merdeka menargetkan 12.000 mahasiswa dari 34 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Pendaftaran telah dibuka sejak 22 Mei 2023, dan informasi lebih lanjut dapat ditemukan di situs web resmi program.

Program Wirausaha Merdeka diharapkan dapat memberikan bekal dan pengetahuan praktis kepada mahasiswa untuk mendukung pembangunan ekonomi Indonesia. Pendaftaran dan informasi lebih lanjut dapat melalui: https://wirausahamerdeka.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/info/ Periode Pendaftaran Mahasiswa Peserta 13 Juni 2023 – 10 Juli 2023.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs