UMKO Mengadakan Sosialisasi Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Asistif
Sosialisasi atau pemahaman dan pencerahan tentang Keberadaan ABK kepada seluruh Kaprodi, Ka BAA, Ka LPM serta Dekan Universitas Muhammadiyah Kotabumi, hal ini bertujuan agar semua lapisan bisa menerima keberadaan ABK sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dan berpartisipasi dengan wajar baik secara rohani, jasmani maupun sosial sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan.

Read More...

UMKO Mengadakan Sosialisasi Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Asistif

Sosialisasi atau pemahaman dan pencerahan tentang Keberadaan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) kepada seluruh Kaprodi, Ka BAA, Ka LPM serta Dekan Universitas Muhammadiyah Kotabumi, hal ini bertujuan agar semua lapisan bisa menerima keberadaan ABK sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dan berpartisipasi dengan wajar baik secara rohani, jasmani maupun sosial sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan.

Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) hari ini, Senin (26/10/2020) mengadakan Sosialisasi Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Asistif. Sesuai dengan Permenristek Dikti Nomor 46 Tahun 2017 tentang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus di Perguruan Tinggi, antara lain ditegaskan bahwa penyelenggaraan pendidikan khusus di perguruan tinggi bertujuan untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan bagi mahasiswa berkebutuhan khusus.

Anggapan akan keberadaan anak berkebutuhan khusus merupakan beban, aib, bencana dan kutukan, mengakibatkan masih banyak orang tua, keluarga dan masyarakat yang menyembunyikannya, sehingga anak berkebutuhan khusus mengalami diskriminasi dan tidak terpenuhi haknya untuk memperoleh pendidikan dan kesehatan sebagaimana anak lain seusianya. Anggapan ini juga mengakibatkan anak berkebutuhan khusus mendapatkan kekerasan termasuk penelantaran dan pemasungan karena anak tersebut sering melakukan perusakan dan tidak bisa diatur serta meresahkan lingkungan sekitarnya.

Sosialisasi hari ini diisi oleh pemateri yang merupakan ahli di bidang pendidikan anak berkebutuhan khusus yaitu, Gunawan Budi Warsito, S.Pd. dan Nurulita Arum Pratiwi, M.Pd.

Pada akhir acara, Wakil Rektor 2, Dr. Irawan Suprapto mengatakan bahwa pihak Universitas Muhammadiyah Kotabumi berkomitmen dan mendukung pendidikan inklusif bagi calon mahasiswa dengan kebutuhan khusus.

“Ini (pendidikan inklusi) bukan lagi sebatas ide, tapi juga perencanaan yang, insyaallah kami akan berkomitmen untuk merealisasikannya.” Ucap Dr. Irawan Suprapto, M.Pd.

Selain itu, untuk mendukung pendidikan inklusi agar dapat berjalan sesuai yang diharapkan, seluruh pemangku kepentingan lainnya juga perlu membangun komitmen bersama dalam penanganan anak berkebutuhan khusus. Dengan demikian program atau kegiatan yang dilaksanakan akan berkontribusi pada penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak berkebutuhan khusus.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs