ICBB 2021 Konferensi Internasional ke-4 tentang Bioscience dan Bioteknologi
Diselenggarakan Seminar yang bertemakan “Natural resources management and utilization (Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam)”, sehingga dapat menjadi wadah untuk mempertemukan para akademisi serta mensosialisasikan berbagai hasil penelitian tentang pemanfaatan sumber daya alam untuk mendukung ketahanan ekonomi.

Read More...

ICBB 2021 Konferensi Internasional ke-4 tentang Bioscience dan Bioteknologi

Pertumbuhan penduduk yang tinggi tentunya menjadi faktor meningkatnya kebutuhan manusia akan sumber daya alam, baik itu untuk kebutuhan konsumsi maupun produksi. Hal ini meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam seiring berjalannya waktu. Pemerintah saat ini mengarahkan pemanfaatan sumber daya alam untuk mendukung pembangunan ekonomi menjadi tiga prioritas, yaitu (1) Peningkatan Ketahanan Pangan, Revitalisasi Pertanian, Perikanan dan Kehutanan; (2) Meningkatkan Ketahanan dan Kemandirian Energi; dan (3) Meningkatkan pengelolaan Sumber Daya Mineral dan Pertambangan. Dengan demikian, sumber daya alam dianggap sebagai aset berharga dalam memajukan pembangunan nasional.

Indonesia memiliki potensi sumber daya alam darat dan laut yang sangat tinggi, dan merupakan objek vital dalam peningkatan sektor perekonomian bangsa. Pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana dan berkelanjutan dapat memberikan peluang di masa depan, terutama dalam ketahanan ekonomi. Merujuk pada prioritas utama pembangunan ekonomi, dapat digambarkan bahwa pemanfaatan sumber daya alam dari masing-masing sektor dapat menjadi tumpuan bagi pembangunan ekonomi bangsa, misalnya melalui penyerapan tenaga kerja sebagai produsen itu sendiri. Apalagi saat ini, ketika seluruh dunia menghadapi pandemi Covid-19 yang hampir melumpuhkan perekonomian, pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan secara efektif. Untuk itu, diperlukan kebijakan strategis untuk mendukung pola dan tujuan pemanfaatan yang tepat.

Namun, pemanfaatan sumber daya alam terkadang dianggap tidak efektif dalam memberikan kontribusi bagi kesejahteraan rakyat. Di satu sisi pemanfaatan sumber daya alam dinilai belum dimanfaatkan secara optimal, sedangkan di sisi lain pemanfaatannya dinilai sudah terlampaui dan suatu saat bisa menjadi bom waktu jika aspek kelestariannya tidak diperhatikan.

Topik ini cukup mendesak karena sejalan dengan kebijakan negara dalam menjaga stabilitas ekonomi. Untuk itu akan diselenggarakan Seminar yang bertemakan Natural resources management and utilization (Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam), sehingga dapat menjadi wadah untuk mempertemukan para akademisi serta mensosialisasikan berbagai hasil penelitian tentang pemanfaatan sumber daya alam untuk mendukung ketahanan ekonomi.

Bagi yang ingin mengikutinya, informasi lengkap terkait kegiatan dapat melalui tautan berikut: https://icbb.unram.ac.id/

Managed & Maintenanced by ArtonLabs