Pengabdian Masyarakat, Dosen UMKO Ajak Masyarakat Hidup Sehat Melalui Pola Makan
Kegiatan ini diharapkan dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan kebiasaan pola hidup sehat, sehingga dapat mengurangi angka penyebaran virus COVID-19.

Read More...

Pengabdian Masyarakat, Dosen UMKO Ajak Masyarakat Hidup Sehat Melalui Pola Makan

Dosen program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Kesehatan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) yang bekerjasama dengan dosen dari Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) UMKO melaksanakan Program Pengabdian pada Masyarakat di SMP Muhammadiyah Kecamatan Kotabumi Kota Lampung Utara, hari ini (Selasa, 14/9/2021).

Kegiatan PKM yang bertema “Peningkatan Imunitas Siswa SMP Muhammadiyah 1 Kotabumi melalui Edukasi Pengolahan dan Peningkatan Konsumsi Protein Hewani sebagai Bentuk Pertahanan di saat Pandemi Covid-19” ini, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang Kesehatan, khususnya pola hidup sehat dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya, selain itu juga tentang perilaku hidup sehat dan bersih serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengolahannya dalam upaya meningkatkan imunitas tubuh yang merupakan salah satu langkah untuk pengurangan penyebaran COVID-19.

Ratih Handayani M.Pd selaku Ketua tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang dibantu oleh dua orang anggota dari Fakultas Pertanian dan Peternakan yakni, Dian Lestari, S.Pt. M.Si. dan Dr. Ulvi Fitri Handayani, S.Pt. mengungkapkan bahwa kegiatan ini penting diberikan kepada masyarakat, karena dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya asupan protein hewani guna meingkatkan imunitas tubuh dimana hal ini merupakan salah satu cara dalam menekan penyebaran virus COVID-19 dalam bentuk upaya tanggap COVID-19.

Kegiatan ini diharapkan dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan kebiasaan pola hidup sehat, sehingga dapat mengurangi angka penyebaran virus COVID-19. Selanjutnya kegiatan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena tidak sulit untuk mendapatkan protein hewani. Ratih juga menjelaskan bahwa protein hewani bersumber dari ikan, telur, daging merah, daging unggas, dan produk olahan susu seperti keju, krim, mentega, ataupun susu formula.  

“Jadi, hewani tidak harus selalu daging, kita juga bisa menggantinya dengan ikan atau telur jika dirasa harga daging mahal.” ujarnya.

Tidak lupa juga, ia menambahkan selain mengonsumsi protein hewani, sayur-sayuran juga merupakan hal yang penting dan tidak boleh sampai terlupakan dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari agar tubuh bisa mendapatkan asupan gizi seimbang.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs