Pengabdian Masyarakat, Dosen UMKO Adakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru
Tujuan dari program kegiatan ini untuk memberikan pendampingan dan pelatihan bagi para guru di SMA dan SMK Muhammadiyah di Kecamatan Kotabumi untuk dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat bahan ajar berbasis IT melalui aplikasi Canva sebagai solusi alternatif pembelajaran dimasa pandemi Covid-19.

Read More...

Pengabdian Masyarakat, Dosen UMKO Adakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru

Semua proses pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor penting meliputi sumberdaya manusia (SDM) guru, bahan ajar, media pembelajaran, dan fasilitas pendukung lainnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mempersiapkan calon guru yang memiliki kompetensi yang cakap.

Salah satu upaya untuk memiliki kompetensi yang baik adalah guru harus mempersiapkan bahan ajar dalam pembelajaran yang tentunya perlu dipersiapkan dengan matang dan maksimal. Untuk mendukung proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan efektif perlu didukung oleh penggunaan IT sehingga mampu menyesuaikan pada era penggunaan teknologi digital dan dapat meningkatkan hasil pembelajaran menjadi lebih optimal.

Terkait pada hal tersebut, Dosen sebagai tenaga pendidik di lingkup pendidikan tinggi Muhammadiyah memiliki empat kewajiban utama yang terkait dengan Catur Dharma perguruan tinggi, dan salah satu program kegiatan yang langsung terkait dengan program kinerja dosen yang diharapkan manfaatnya berdampak langsung pada masyarakat adalah program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh 4 Dosen dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang diketuai oleh Rulik Setiani, S.S., M.Pd, dan 3 anggota Dosen yang lainnya yaitu: Elis Susanti, S.Pd., M.Pd, Rini Susilowati, S.S., M.Pd, dan Asep Hardiyanto, S.Pd., M.Pd serta 4 anggota mahasiswa: Vira Kusumadewi, Amaliah, Arif Prastyo, dan Fahmi  Ardika. Kegiatan PkM ini didanai oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang telah dilaksanakan di SMA dan SMK Muhammadiyah Kotabumi pada tanggal 29-30 September 2021 dengan narasumber kegiatan yaitu Martia Dwi Puspita Sari, S.Pd.

Tujuan dari program kegiatan ini  untuk memberikan pendampingan dan pelatihan bagi para guru di SMA dan SMK Muhammadiyah di Kecamatan Kotabumi untuk dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat bahan ajar berbasis IT melalui aplikasi Canva sebagai solusi alternatif pembelajaran dimasa pandemi Covid-19.

Kegiatan pendampingan dapat diselenggarakan dengan baik dan berjalan dengan lancar sesuai dengan rundown kegiatan yang telah disusun. Kegiatan ini juga mendapat sambutan baik oleh kepala sekolah SMA dan SMK Muhammadiyah Kotabumi Bapak Husayn Tanbawai, S.Pd dan Ibu Suryati, S.Pd  serta guru-guru sebagai peserta kegiatan ini, terbukti dengan keaktifan dan antusias peserta mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir kegiatan.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs