Pelatihan Pengelolaan Google for Education dan Penggunaan LMS bagi Dosen dan Staf
Pelatihan Google for Education merupakan bagian dari program yang merupakan rangkaian dari Program Optimalisasi Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Read More...

Pelatihan Pengelolaan Google for Education dan Penggunaan LMS bagi Dosen dan Staf

Pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi guru maupun dosen dalam merancang program pembelajaran. Tantangan yang dimaksud bisa muncul dari mana saja. Salah satunya adalah sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran. Dengan ditiadakannya kegiatan tatap muka di kampus, Dosen menghadapi tantangan yang luar biasa dalam menyampaikan materi pelajaran kepada mahasiswanya. Apalagi jika diharuskan menyampaikan materi pembelajaran secara daring. Dosen membutuhkan platform khusus untuk menyampaikan materi, mengumpulkan tugas, dan lain sebagainya.

Google for Education yang disediakan oleh pihak Universitas Muhammadiyah Kotabumi menyediakan layanan pendukung pembelajaran siap pakai. Google for education merupakan platform layanan pendukung pembelajaran yang bebas biaya.

Layanan akun email umko.ac.id dapat digunakan untuk mengakses surat elektronik, penyimpanan dan pembagian dokumen secara elektronik, pengelolaan administrasi pembelajaran secara elektronik, penjadwalan proses pembelajaran secara elektronik; dan pelaksanaan proses pembelajaran secara daring, baik secara sinkronus (dilakukan pada waktu yang bersamaan) maupun asinkronus (fleksibel dan tidak harus dalam waktu yang bersamaan). Layanan akun ini bebas biaya, bahkan setuap pengguna bisa memiliki ruang penyimpanan yang sangat besar, yakni sampai 15 terabyte.

Pelatihan Google for Education merupakan bagian dari program yang merupakan rangkaian dari Program Optimalisasi Universitas Muhammadiyah Kotabumi, yang diinisiasi oleh Lembaga Bagian Teknologi Informasi. Pelatihan Google for Education diberikan kepada Dosen, Staf maupun kepala fakultas yang dilakukan secara langsung di Ruang Rapat Universitas Muhammadiyah Kotabu kemarin, (13/10/2021).

Kegiatan ini dimulai dari dimulai dari pukul 10.00 – 15.00 wib, yang menjadi narasumber adalah, Harotono, S.Pd (Kepala Bagian IT Universitas Muhammadiyah Kotabumi) dan Khusnul Khotimah, M.T.I (Dosen Sistem dan Teknologi UMKO). Selain pelatihan pengelolaan akun Google App for Education, kemarin juga diadakan pelatihan lainnya, yaitu:

  1. Pengelolaan akun Google Apps for Education bagi Kepala Kantor dan Staf Fakultas.
  2. Pengelolaan dan Penggunaan Learning Management System (LMS) bagi Kepala Kantor dan Staf Fakultas.
  3. Pengelolaan akun Google Apps for Education dan Perkuliahan Hybrid Berbasis Video Conference bagi Dosen dan Staf Fakultas.
  4. Penggunaan Learning Management System bagi Dosen.

Rangkaian kegiatan dimulai dari tanggal 13 Oktober 2021 kemarin hingga tanggal 3 November 2021 mendatang.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs