Penguatan Soft Skills Mahasiswa melalui Pembekalan Magang Tahun 2021
Tujuan dilaksanakannya pembekalan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa terkait tugas dan kewajibannya ketika berada di sekolah nantinya.

Read More...

Penguatan Soft Skills Mahasiswa melalui Pembekalan Magang Tahun 2021

Sebanyak 598 orang mahasiswa dari 5 Program Studi selingkungan FKIP UMKO dibekali dengan Pembekalan Magang sebelum dilepas untuk mengikuti magang tahun 2021 diberbagai lokasi. Kegiatan digelar secara virtual melalui aplikasi zoom dan youtube Universitas Muhammadiyah Kotabumi pada Jumat (22/10/2021). Tujuan dilaksanakannya pembekalan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa terkait tugas dan kewajibannya ketika berada di sekolah nantinya.

Dalam sambutannya, Pasha Erik Juntara, M.OR. selaku Ketua Panitia Kegiatan Magang, menyatakan bahwa “magang adalah upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan, dan peneguhan sikap yang dilakukan melalui belajar dengan berbuat (learning by doing). Prinsip magang adalah pengenalan secara dini (early exposure) kepada mahasiswa calon guru dan bertahap”.

Sama seperti tahun sebelumnya, magang tahun ini akan dibagi menjadi tiga kegiatan berbeda dari tiga semester berbeda, yakni semester 3 akan melaksanakan magang kependidikan, mahasiswa dari semester 5 akan melaksanakan magang tupoksi, dan mahasiswa semester 7 akan melaksanakan magang pembelajaran, sedangkan program studi yang mengikuti magang ini tediri dari 5 program studi yaitu dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Program Studi Pendidikan Matematika (PMTK), Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Program Studi Pendidikan Jasmani dan Olahraga (PJAS).

Magang semester 3 bertujuan membangun landasan jati diri pendidik dan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan magang semester 5 bertujuan untuk memantapkan kompetensi akademik kependidikan, dimana berkaitan dengan tugas, pokok, dan fungsi dari seorang guru ataupun tenaga kependidikan, sedangkan magang semester 7 kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran dan mempraktekannya dalam pengajaran langsung.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs