plt. Dirjen Diktiristek: MBKM untuk Tingkatkan Daya Saing Indonesia
Mahasiswa perlu didorong untuk keluar dari zona nyaman dan memberikan solusi bagi pertanyaan dan kebutuhan masyarakat.

Read More...

plt. Dirjen Diktiristek: MBKM untuk Tingkatkan Daya Saing Indonesia

Pelaksana Tugas (plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam melakukan kunjungan dan tinjauan langsung ke beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Provinsi Aceh pada 13-14 November 2021. PTN yang dikunjungi adalah Universitas Teuku Umar dan Institut Seni Budaya Indonesia Aceh.

Pada kunjungannya di Universitas Teuku Umar (UTU) yang berlokasi di Kota Meulaboh, Aceh Barat, Ditjen Diktiristek meninjau Inkubator Bisnis dan Teknologi Herbal Park UTU (13/11). Didalamnya terdapat pengelolaan produk inkubasi bisnis, antara lain teh daun kelor dan propolis lebah kelulut. Menurutnya, hal ini sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang sedang gencar digaungkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek).

“Ini tentu relevan dengan MBKM, mahasiswa dilibatkan dalam program kewirausahaan sehingga setelah lulus tidak mencari pekerjaan tapi menciptakan lapangan pekerjaan. Jadi, apa yang dilakukan oleh perguruan tinggi harus ‘nyambung’ dengan pembangunan ekonomi”, ujar Nizam.

Nizam juga menuturkan, perguruan tinggi harus menjadi tempat yang dinamis bagi mahasiswa dalam berkreasi dan berinovasi. Mahasiswa perlu didorong untuk keluar dari zona nyaman dan memberikan solusi bagi pertanyaan dan kebutuhan masyarakat.

“Kita menghadapi bonus demografi, ini merupakan peluang bagi kita karena Indonesia memiliki banyak potensi yang perlu diolah oleh inovasi dari mahasiswa-mahasiswa saat ini. Ini akan meningkatkan daya saing kita di mata dunia”, pungkasnya.

Sumber: https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/tinjau-kampus-di-aceh-plt-dirjen-diktiristek-mbkm-untuk-tingkatkan-daya-saing-indonesia/

Managed & Maintenanced by ArtonLabs