Ajang Lomba Puspresnas yang Wajib diikuti Mahasiswa Seluruh Indonesia
uspresnas sendiri merupakan sebuah unit organisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bidang pengembangan prestasi nasional yang mengemban tugas untuk mencari, mewadahi/mengumpulkan, mengatur, mendorong, dan mengembangkan bakat, minat, serta potensi generasi emas Indonesia

Read More...

Ajang Lomba Puspresnas yang Wajib diikuti Mahasiswa Seluruh Indonesia

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) secara rutin menggelar kompetisi bertaraf nasional yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa se-Indonesia.

Puspresnas sendiri merupakan sebuah unit organisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bidang pengembangan prestasi nasional yang mengemban tugas untuk mencari, mewadahi/mengumpulkan, mengatur, mendorong, dan mengembangkan bakat, minat, serta potensi generasi emas Indonesia untuk mencapai puncak prestasi tertinggi dalam berinovasi dan berkreativitas di bidang: Sains, Teknologi, Seni/- Bahasa/Literasi, Olahraga, Vokasi dan Kewirausahaan, melalui kompetisi, lomba, festival dan apresiasi. Puspresnas juga menjadi pelopor pengembangan asas gotong royong/kolaborasi yang akan diimplementasikan dalam strategi kemitraan dengan para pemangku kepentingan (Pemerintah, Entitas Bisnis, Komunitas, Akademisi, dan Media) guna mencapai misi Manajemen Talenta Nasional.

Semasa kuliah biasanya ada banyak perlombaan yang diselenggarakan, khususnya oleh Puspresnas. Coba deh aktif mengikutinya. Gak harus menang, kok! Yang penting mencoba. Karena ada banyak manfaat di dalam kariermu nanti jika waktu kuliah rajin ikut kompetisi. Lantas, apa saja kompetisi yang diadakan oleh PUSPRESNAS dan bisa diikuti mahasiswa pada bulan ini?

1. Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA)

Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau KNMIPA merupakan lomba tingkat mahasiswa yang mengujikan salah satu mata bidang kimia, fisika, biologi, dan matematika. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Biasanya, perlombaan ini diadakan pada tanggal 27 – 30 Juli setiap tahunnya.

2. Satria Data

Kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) merupakan dukungan Pusat Prestasi Nasional terhadap perkembangan keilmuan statistika dan sains data secara umum. Dengan upaya untuk meningkatkan soft skill, teknologi,informasi, data, dan sumber daya manusia.

Kompetisi ini diadakan setiap tanggal 18 Agustus hingga 18 September di tiap tahunnya.

3. NSDC dan KDMI

National University Debating Competition (NUDC) merupakan Kegiatan debat antar Perguruan Tinggi berskala nasional. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 2008 dan setiap tahunnya menghasilkan delegasi Indonesia untuk World Universities Debating Championship (WUDC). Pada tahun ini, NUDC dilaksanakan secara daring dikarenakan pandemi. Terdapat berbagai perbedaan teknis dalam penyelenggaraan NUDC daring. Oleh karena itu, untuk menjamin pengelolaan yang tertib dan terkontrol dengan baik, diperlukan panduan yang memuat norma, aturan main dan prosedur pelaksanaan kegiatan.

Sedangkan, Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) adalah lomba debat untuk mahasiswa tingkat nasional yang menggunakan bahasa indonesia. 

Kompetisi di bidang debat berbahasa Indonesia merupakan salah satu kegiatan aktualisasi diri bagi mahasiswa Indonesia. Kegiatan debat antar Perguruan Tinggi berskala nasional dikemas dalam kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI). Pada tahun ini, KDMI dilaksanakan secara daring dikarenakan pandemi. Terdapat berbagai perbedaan teknis dalam penyelenggaraan KDMI daring. Oleh karena itu, untuk menjamin pengelolaan yang tertib dan terkontrol dengan baik, diperlukan panduan yang memuat norma, aturan main dan prosedur pelaksanaan kegiatan.

NSDC diadakan setiap tanggal 24 sampai 29 Agustus sedangkan KDMI diadakan pada 31 Agustus sampai 3 September.

4. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi ( Pilmapres)

Pilmapres atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Program yang terkait meliputi sarjana dan Diploma

Pilmapres diadakan pada tanggal 7 sampai 10 September.

5. Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK)

Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan merupakan kompetisi yang tidak hanya mengevaluasi kemampuan akademik dan nalar mahasiswa dalam bidang ilmu, tetapi juga merupakan sebuah upaya untuk mendekatkan kemitraan antara akademisi, dunia usaha dan pemerintah. Rangkaian kompetisi tersebut akan dinilai oleh juri dengan komposisi yang seimbang antara perwakilan akademisi dan praktisi bidang bisnis, managemen dan keuangan.

Bertujuan untuk pengembangan dan penguatan kompetensi mahasiswa serta daya saing program studi (prodi) bidang bisnis dan manajemen di Indonesia pada tingkat internasional, Mengembangkan jejaring di antara prodi bisnis dan manajemen di Indonesia, dan memberikan kontribusi dalam bentuk ide, gagasan serta rekomendasi strategi untuk meningkatkan daya saing dunia usaha di Indonesia.

kbmk diadakan pada tanggal 13 sampai 15 September.

6. Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM)

Lomba Inovasi Digital Mahasiswa adalah kegiatan yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai upaya komprehensif untuk meningkatkan Soft Skill, literasi teknologi dan prestasi pada Revolusi Industri 4.0

LIDM diadakan pada tanggal 16-18 September.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs