Ajang Lomba Puspresnas yang Wajib diikuti Mahasiswa Seluruh Indonesia
uspresnas sendiri merupakan sebuah unit organisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bidang pengembangan prestasi nasional yang mengemban tugas untuk mencari, mewadahi/mengumpulkan, mengatur, mendorong, dan mengembangkan bakat, minat, serta potensi generasi emas Indonesia

Read More...

Ajang Lomba Puspresnas yang Wajib diikuti Mahasiswa Seluruh Indonesia

7. Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI)

Kegiatan Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional akan meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa, kerjasama tim dan pemikiran kritis dalam mencari inovasi di dunia penerbangan.

KRTI diadakan pada tanggal 28 September sampai dengan 2 Oktober.

 8. Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik)

GEMASTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, merupakan program Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya, baik ketika masih dalam masa studi maupun kelak sesudah lulus studi.

Gemastik diadakan pada tanggal 4 sampai 7 Oktober.

9. Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN)

Kontes Kapal Cepat Tak Berawak (KKCTBN) merupakan salah satu agenda penting bidang kemahasiswaan pada Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Tujuan dari penyelenggaraan KKCTBN untuk ikut andil dalam sumbangsih pemikiran pembuatan inovasi desain, pembuatan prototipe dan kontes performa prototipe kapal selam dan kapal permukaan dengan dilengkapi dengan teknologi digital, Menumbuhkan dan melatih mahasiswa untuk kreatif, inovatif dan produktif dalam hal membuat inovasi teknologi desain, pembuatan prototipe dan kontes performa prototipe kapal selam dan kapal permukaan, menumbukan jiwa nasionalisme dan patriotisme untuk menjaga kedaulatan NKRI, Melatih mahasiswa untuk melakukan kerjasama team.

KKCTBN biasanya diadakan setiap tanggal 5 sampai dengan 8 Oktober.

10. Kontes Robot Indonesia (KRI)

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.  KRI diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kontes Robot Indonesia ini dapat diikuti oleh tim mahasiswa pada Perguruan Tinggi yang tercatat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Dengan tujuan untuk menumbuh kembangkan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa di perguruan tinggi, mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam dunia nyata, meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pengembangan bidang teknologi robotika.

KRI biasanya diadakan pada tanggal 12 sampai dengan 17 Oktober.

11. Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS)

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan event resmi tahunan Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Event ini merupakan salah satu penjabaran dari program Pusat Prestasi Nasional untuk menciptakan iklim akademis yang kompetitif di kalangan mahasiswa Indonesia. Event ini merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional dan diselenggarakan di perguruan tinggi yang ditetapkan Pusat Prestasi Nasional atas kesediaan dan kesepakatan seluruh pimpinan perguruan tinggi. PIMNAS sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa, diikuti oleh mahasiswa atau kelompok tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

PIMNAS biasanya diadakan setiap tanggal 25 sampai 30 Oktober.

12. Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) dan Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI)

Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia merupakan suatu kompetisi yang dilaksanakan secara paralel yang melombakan desain dan bangunan gedung. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sedangkan KJI atau Kompetisi Jembatan Indonesia merupakan suatu kompetisi yang dilaksanakan secara paralel yang melombakan desain atau rancangan jembatan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kedua kompetisi ini, biasanya diadakan pada tanggal 4 sampai dengan 7 November.

13. Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE)

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 merupakan sebuah lomba mobil irit tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia bekerja sama dengan tuan rumah perguruan tinggi.

Rangkaian terakhir dari kegiatan tahunan yang diadakan oleh Puspresnas adalah KMHE atau Kontes Mobil Hemat Energi. Kegiatan ini biasanya diadakan setia tanggal 8 sampai dengan 12 November.

Nah., sobat mahasiswa semua, diatas tadi merupakan lomba atau ajang yang dapat kalian ikuti guna menambah pengetahuan, memperluas wawasan bahkan mendapatkan teman baru dari berbagai daerah dan perguruan tinggi lain dari seluruh Indonesia.

Tanggal diatas merupakan tanggal penyelenggaraan final dari seluruh kegiatan, yang artinya, babak seleksi telah dilakukan sebelumnya. Jadi, sobat jangan sampai ketinggalan. Cek terus web resmi milik puspresnas di https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/

Semoga berhasil!

Managed & Maintenanced by ArtonLabs