Penilaian Mahasiswa Peserta Magang DUDI PKKM 2021
Sejauh ini, pengalaman berharga yang didapat oleh mahasiswa magang DUDI PKKM adalah meningkatnya jam terbang untuk praktek langsung mengajar dan membaur di lingkungan sekolah.

Read More...

Penilaian Mahasiswa Peserta Magang DUDI PKKM 2021

Akhir tahun hampir tiba, dimana pelaksanaan ujian semester pertama di sekolah juga akan segera tiba. Seiring dengan telah dimulainya program Magang Dunia Industri Dunia Usaha (DUDI), Universtas Muhammadiyah Kotabumi melepas 30 mahasiswa terpilih dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Matematika. Ke-30 mahasiswa tersebut adalah mahasiswa pilihan yang berhasil lolos seluruh tahapan seleksi yang sudah diadakan sebelum pelaksanaan magang dimulai.

Berdasarkan hal tersebut, dimana penilaian praktik mengajar juga merupakan salah satu aspek yang dinilai dalam kegiatan ini, Selasa (23/11/2021), Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mulai melakukan kunjungan mahasiswa magang DUDI program PKKM untuk meliput kegiatan magang mereka sekaligus melakukan penilaian atas pelaksanaan magang, khususnya praktik mengajar untuk seluruh mahasiswa peserta magang DUDI ini.

Dewi Ratnaningsih, M.Pd. sebagai salah satu DPL menjelaskan dengan singkat teknis dan jadwal magang serta jobdesk yang diberikan kepada mahasiswa magang tersebut. Kurun waktu yang diberikan untuk magang DUDI ini adalah 6 bulan, dimana pelaksanaannya akan dibagi menjadi dua tempat, yakni empat bulan pertama di sekolah dan 2 bulan sisanya akan dilaksanakan di dunia industri yang sudah menjadi pilihan masing-masing peserta magang. Hari aktif magang adalah hari Senin sampai Jumat dan jam kerja dimulai dari jam 7.00 sampai jam 17.00 WIB atau menyesuaikan dengan kebijakan dari lokasi kerja dimana mahasiswa tersebut magang.

Tugas yang diberikan pada minggu pertama adalah observasi lingkungan magang. Kemudian beberapa tugas lainnya seperti menyiapkan bahan aja, membantu guru menyampaikan pelajaran jika guru yang bersangkutan berhalangan hadir, hingga membantu pemberkasan di sekolah magang mereka.

Sejauh ini, pengalaman berharga yang didapat oleh mahasiswa magang DUDI PKKM adalah meningkatnya jam terbang untuk praktek langsung mengajar dan membaur di lingkungan sekolah, kemudian mendapat relasi dengan instansi magang, maupun orang-orang yang bekerjasama dengan IFI Surabaya dalam event atau project tertentu.

Dosen yang melakukan penilaian sekaligus bertugas sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) antara lain, Dr. Purna Bayu Nugroho, M.Pd. dan Ratih Handayani, M.Pd. merupakan dosen dari program studi Matematika dan juga Dewi Ratnaningsih, M.Pd. adalah dosen dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs