Penyambutan Mahasiswa/i Program Pertukaran Mahasiswa UMPRI di Universitas Muhammadiyah Kotabumi
Harapan dari keikut-sertaan dalam kegiatan ini agar mahasiswa bisa memberikan pengalaman dikemas dengan edukasi agar dapat menarik dan dapat bisa memperkenalkan hal keanekaragaman yang di dapatkan dan dipelajari.

Read More...

Penyambutan Mahasiswa/i Program Pertukaran Mahasiswa UMPRI di Universitas Muhammadiyah Kotabumi

Penyambutan Mahasiswa/I Program Pertukaran Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) dengan Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) yang diselenggarakan Di Ruangan rapat Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Selasa (23/11/2021).

Pertukaran Mahasiswa antar perguruan tinggi ini merupakan salah satu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang di Selenggarakan oleh Kemendikbudristek dan di ikuti oleh dari berbagai universitas baik perguruan tinggi negeri hingga perguruan tinggi swasta.

Program ini yang disingkat MBKM bertujuan untuk membentuk sikap mahasiswa mengharagai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain serta bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 3 Tahun 2020.

Tentu saja proses untuk dapat mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, mahasiswa diharuskan melewati berbagai bentuk seleksi mulai dari tahap pemberkasan hingga penyeleksian dengan bentuk tes lainnya.

Program ini memfokuskan agar mahasiswa bisa belajar dengan dapat mengambil mata kuliah diluar program studi di perguruan tinggi baik PT Penerima atau PT Mitra yang nantinya akan dikonversikan ke mata kuliah pada PT Asal mahasiswa itu sendiri dengan maksimal 20 SKS yang dapat diambil oleh mahasiswa. Program Pertukaran Mahasiswa Dalam Negeri ini juga ada pembiayaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang berguna menunjang program ini dan tentu saja para mahasiswa.

Program Pertukaran Mahasiswa ini juga diikuti oleh Universitas Muhammadiyah Kotabumi sebagai satu-satunya perguruan tinggi dengan status universitas di Kabupaten Lampung Utara, yang turut ikut dalam Program yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek dengan harapan para mahasiswa yang mengambil mata kuliah di Universitas Muhammadiyah Pringsewu mendapatkan pembelajaran dan pengalaman yang kelak nanti bisa menjadi sebuah cerita yang luar biasa.

Sebanyak 10 mahasiswa yang berasal dari UMKO mengiktui perkuliahan di UMPRI, secara luring (Perkuliahan Tatap Muka) dimana proses pelepasannya sudah dilaksanakan pada tanggal 17 November 2021 lalu.

Pada hari ini, Selasa (23/11/2021) bergantian pihak dari Universitas Muhammadiyah Pringsewu mengantarkan perwakilan mahasiswanya untuk mengikuti program pertukaran ini secara luring atau langsung dari Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Para mahasiswa yang datang secara luring disambut hangat dan meriah dengan dihadiri oleh Dekan FKIP UMKO, Dr. Badawi, M.Pd., Wakil Dekan FKIP, Elis Susanti, M.Pd., Ka Prodi PBSI UMKO, Nurmei Ningsih, M.Pd. hingga dosen yang mengajar di program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMKO.

Program Pertukaran Mahasiswa ini memiliki esensi dan nilai kebudayaan yang sangat luar biasa, dikarenakan mahasiswa untuk bisa menghargai keanekaragaman kebudayaan dan adanya nilai pluarisme yang ada dalam akulturasi dalam Program Pertukaran Mahasiswa ini. Sebagai Agent Of Change, mahasiswa di tuntut tidak hanya pandai didalam kelas saja tapi bisa juga pandai dan kreatif ketika pembelajaran dilaksanakan diluar kelas.

Harapan dari keikut-sertaan dalam kegiatan ini agar mahasiswa bisa memberikan pengalaman dikemas dengan edukasi agar dapat menarik dan dapat bisa memperkenalkan hal keanekaragaman yang di dapatkan dan dipelajari.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs