Tingkatkan Kompetensi di Pertelevisian, Mahasiswa UMKO Praktek Kerja di ITN
Dengan beraktivitas di DUDI mahasiswa dapat memeroleh gambaran proses dan pekerjaan yang ada di industri.

Read More...

Tingkatkan Kompetensi di Pertelevisian, Mahasiswa UMKO Praktek Kerja di ITN

Kegiatan mahasiswa pada Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) harus selalu dioptimalkan agar kompetensi mahasiswa semakin meningkat. Hal tersebut juga selaras dengan program Magang DUDI yang diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) sebagai bentuk pelaksanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang diperuntukan bagi program studi Pendidikan Matematika dan program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia.

Dengan beraktivitas di DUDI, mahasiswa dapat memeroleh gambaran proses dan pekerjaan yang ada di industri. Selama aktivitas di perkuliahan mahasiswa hanya mendapatkan gambaran dan ilmu pengetahuan dari sisi kurikulum. Persoalan yang nyata adalah yang ada di dalam DUDI. Upaya agar mahasiswa tidak hanya mempunyai IPK yang tinggi tetapi juga mempunyai skill yang bagus dan kompetensi.

Sebelumnya, kegiatan magang DUDI ini sudah dilangsungkan di sekolah, hal ini sesuai dengan fokus pendidikan yang mereka ambil. Seluruh pesera magang DUDI ini adalah 30 orang yang kemudian dibagi menjadi dalam kelompok-kelompok kecil dan ditempatkan di industri sesuai dengan minat dan bakat mereka, salah satunya adalah kelompok yang di tempatkan di ITN atau Indonesian Television News Lampung Utara – Lampung.

Janurita, Vella Felania, Mirza Pratama Putra, Novita Sari, Julaiha, Dewi Yunita, dan Sheila Sherlaely Marekas adalah 7 mahasiswa yang berkesempatan untuk menjalani magang di ITN. Dengan bimbingan dari pihak ITN ketujuh mahasiswa tersebut mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan baru dalam melaksanakan kegiatan magang tersebut.

Selama menjalani magang di industri tersebut, disampaikan bahwa para mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman terutama terkait teknologi informasi yang terbaru dan software-software yang digunakan dalam industri pertelevisian, selain itu para mahasiswa juga ikut dilibatkan secara langsung dalam proses liputan maupun pembuatan berita.

Dengan pengalaman tersebut, para mahasiswa semakin yakin dalam meningkatkan kompetensinya, sehingga siap untuk bersaing di duna kerja setelah lulus.

Berikut adalah tautan dari kanal youtube resmi milik ITN yang memuat berita atau informasi publik dimana mahasiswa peserta magang DUDI dari UMKO turut terlibat langsung, baik sebagai presenter maupun sebagai narator berita:

Indonesian Television News

Managed & Maintenanced by ArtonLabs