Program Terobosan Kemdikbudristek bagi Dunia Pendidikan di Tahun 2022
Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim juga menjelaskan bahwa akan ada banyak program terobosan untuk tahun 2022 dari Kemendikbud Ristek. Terobosan ini sesuai penjelasan di awal bertujuan untuk mengejar ketertinggalan dunia pendidikan di Indonesia.

Read More...

Program Terobosan Kemdikbudristek bagi Dunia Pendidikan di Tahun 2022

KemendikbudRistek sebagai salah satu kementerian di Indonesia, menjadi DIPA tahun 2022 secara simbolis oleh Presiden Indonesia. DIPA atau Daftar Isian Pelaksana Anggaran disingkat dengan DIPA adalah dokumen pelaksanaan anggaran yang disusun oleh Pengguna Anggaran / Kuasa Pengguna Anggaran dan di sahkan oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan atau Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan atas nama Menteri Keuangan selaku Bendaharawan Umum Negara (BUN).

Penerimaan DIPA tahun 2022 ini akan membantu Kemendikbud Ristek untuk memaksimalkan implementasi program dan kebijakan dari Kemendikbud Ristek itu sendiri.

Pada tahun 2021, ada sejumlah program dan kebijakan Kemendikbud Ristek sudah berjalan. Rencananya, memasuki tahun 2022 berbagai program dan kebijakan ini akan dibuat lebih agresif lagi agar manfaatnya lebih merata dan penerapannya lebih optimal. 

Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim juga menjelaskan bahwa akan ada banyak program terobosan untuk tahun 2022 dari Kemendikbud Ristek. Terobosan ini sesuai penjelasan di awal bertujuan untuk mengejar ketertinggalan dunia pendidikan di Indonesia. 

Adapun program-program terobosan Kemendikbud Ristek yang akan dilaksanakan Kemendikbud Ristek di tahun 2022 mendatang antara lain: 

1. Mengundang Praktisi Mengajar ke Kampus 

Program terobosan untuk tahun 2022 Kemendikbud Ristek yang pertama adalah mengundang praktisi untuk mengajar di kampus-kampus, khususnya praktisi bidang teknologi. 

Sehingga mereka yang sudah terjun di dunia industri atau berkarir di sebuah perusahaan. Kemudian diajak untuk mengajar semester pendek di kampus-kampus. Ilmu, wawasan, dan pengalaman mereka di lapangan akan membantu mempersiapkan mahasiswa terjun ke dunia kerja dengan kesiapan tinggi. 

2. Program Kewirausahaan 

Dibuka juga program terobosan kewirausahaan, dimana para mahasiswa berkesempatan untuk mendirikan usaha sendiri. Baik itu usaha berbasis digital maupun non digital yang akan dibantu dan didampingi dari nol sampai bisa beroperasi dengan baik. 

3. Digitalisasi Pendidikan 

Program terobosan yang ketiga dari Kemendikbud Ristek adalah digitalisasi pendidikan. Ditujukan untuk setiap kampus dan sekolah-sekolah yang masih mengalami keterbatasan dalam mengakses teknologi. 

Sehingga disediakan perangkat TIK dan jaringan internet untuk menyiapkan mereka mengikuti pembelajaran berbasis digital. Sekaligus mempersiapkan mereka untuk menyambut era digital. 

4. Aplikasi Merdeka Mengajar 

Memasuki tahun 2022 mendatang, Mas Menteri juga menjelaskan akan merilis aplikasi Merdeka Mengajar. Ditujukan untuk para dosen dan guru di seluruh Indonesia agar bisa meningkatkan kompetensinya dalam melaksanakan tugas mengajar. 

5. Memperbesar Anggaran Matching Fund 

Program terobosan untuk tahun 2022 Kemendikbud Ristek yang kelima adalah memperbesar anggaran Matching Fund. Merupakan program pendanaan untuk mendukung kolaborasi antara pendidikan tinggi dengan industri. 

Sehingga semakin banyak program yang bisa dilakukan dari kolaborasi tersebut. Misalnya peningkatan jumlah program magang, program riset atau penelitian, dan lain sebagainya. 

6. Mendorong Kegiatan Belajar di Luar Kampus 

Kemendikbud juga menggelar program terobosan yang mendorong peningkatan kegiatan belajar di luar kampus. Sehingga mahasiswa bisa belajar di lebih banyak tempat untuk mendapatkan ilmu, wawasan, dan pengalaman yang lebih beragam. 

Melalui program ini diharapkan akan ada lebih banyak mahasiswa yang keluar dari kampus untuk tujuan belajar. Jika tahun-tahun sebelumnya Kemendikbud mengirim 50 mahasiswa keluar kampus maka di tahun 2022 akan ditingkatkan menjadi 150 mahasiswa. 

7. Transformasi Dana Pemerintah untuk Pendidikan Tinggi 

Program terobosan berikutnya adalah transformasi dana pemerintah untuk pendidikan tinggi. Sebut saja seperti dana LPDP yang dulunya hanya mencakup program beasiswa pascasarjana.

Oleh Mas Menteri dijelaskan di tahun 2022 akan berkembang atau diubah. Menjadi sumber pendanaan untuk program beasiswa di jenjang S1. Ada banyak program pendanaan dari pemerintah yang kemudian diubah dan dikembangkan oleh Kemendikbud Ristek. 

Managed & Maintenanced by ArtonLabs