Calon Mahasiswa Wajib Tahu: Tak Hanya memiliki Prestasi Akademis, UMKO juga Memiliki Beragam Keistimewaan
Meski Universitas ini masih berumur 2 tahun, sahabat semua pasti sudah banyak mengetahui prestasi yang dimiliki UMKO. Tapi, sudahkah sahabat semua tahu tentang hal lain yang juga menjadi kampus ini istimewa?

Read More...

Calon Mahasiswa Wajib Tahu: Tak Hanya memiliki Prestasi Akademis, UMKO juga Memiliki Beragam Keistimewaan

Universitas Muhammadiyah Kotabumi, sebuah Universitas swasta di Lampung Utara yang berada di bawah naungan organisasi besar Muhammadiyah, yang terlahir dari penggabungan Sekolah Tinggi Keguruan (STKIP) Muhammadiyah Kotabumi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Kotabumi. Apakah sahabat semua sudah mengetahuinya?

Meski Universitas ini masih berumur 2 tahun, sahabat semua pasti sudah banyak mengetahui prestasi yang dimiliki UMKO. Tapi, sudahkah sahabat semua tahu tentang hal lain yang menjadikan kampus ini istimewa?

Perguruan Tinggi dengan Status Universitas Pertama dan Satu-satunya

Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) adalah perguruan tinggi hasil penggabungan STKIP Muhammadiyah Kotabumi-Lampung dan STIH Muhammadiyah Kotabumi. Penggabungan perguruan tinggi tersebut disahkan melalui Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 477/KPT/I/2019 tanggal 17 Juni 2019 tentang Izin Penggabungan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kotabumi di Kabupaten Lampung Utara dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Muhammadiyah Kotabumi di Kabupaten Lampung Utara Menjadi Universitas Muhammadiyah Kotabumi di Kabupaten Lampung Utara yang Diselenggarakan Persyarikatan Muhammadiyah.

Menjadi Pelopor Program-Program Akademis

Menjadi pencetus atau perguruan tinggi yang memulai mengadakan program studi baru tentunya membawa kebanggaan tersendiri, dan begitulah UMKO. Meskipun tak ada piagam yang menyatakan keberadaannya diurutan pertama, tidak dinafikan UMKO adalah program-program akademis pada tingkat perguruan tinggi di yang ada di Lampung Utara.

Salah satu gebrakan yang dilakukan UMKO diawal kemunculannya adalah dengan membuka beragam program studi baru yang dikelompokkan menjadi 4 (empat) fakultas. Setidaknya, ada total 11 program studi di UMKO hingga saat ini, dan ada kabar terbaru bahwa UMKO juga akan segera membuka program studi PPG (Pendidikan Profesi Guru) dan juga program studi Magister Hukum yang saat ini sedang dalam proses pengajuan.

Hal tersebut menjadikan UMKO sebagai perguruan tinggi yang memiliki jumlah Fakultas dan program studi yang lebih beragam dari perguruan tinggi manapun di Lampung Utara

Mata Kuliah Wajib dan Organisasi yang Menunjukan kalau kalian mahasiswa UMKO

UMKO menerapkan ketentuan bagi seluruh mahasiswanya untuk mengambil mata kuliah wajib kemuhammadiyahan, yakni mata kuliah AIK (Al-islam dan Ilmu Kemuhammadiyahan) dan mata kuliah kepanduan (Hizbul Wathan). Kedua mata kuliah ini, merupakan keunikan tersendiri yang hanya bisa kalian dapatkan jika kalian melanjutkan studi ke UMKO. Tujuan atau fungsi dari diadakannya dua mata kuliah ini adalah sebagai sarana pendidikan, pengajaran, dan pengkaderan sebagai inti nilai menciptakan kampus Islami, serta pengembangan gagasan Islam yang berkemajuan.

Keistimewaan lainnya

Selain keistimewaan diatas, Universitas Muhammadiyah Kotabumi memiliki banyak keistimewaan lainnya dibidang sarana dan prasaran, mulai dari ruang kelas, laboratorium, peralatan perkuliahan, hingga tempat parkir pun sangat diperhatikan disini.

salah satu keistimewaan diantara itu semua adalah, sahabat bisa dengan bebas mengkases internet dimanapun dan kapanpun di kampus ini, menggunakan fasilitas wifi. Pembelajaran menggunakan lcd proyektor dan ruang kelas yang sudah ber-ac, dimana pastinya akan sangat nyaman untuk belajar.

Tak hanya fokus pada sisi bangunannya saja, mahasiswa UMKO pun difasilitasi dengan banyaknya kegiatan yang dapat diikuti, seperti PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), Pertukaran Mahasiswa, Pembelajaran Jarak Jauh, dan Magang DUDI. Tidak hanya sekedar difasilitasi, setiap mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut pun turut didanai dalam menjalani kegiatan-kegiatan tersebut hingga selesai.

Menarik bukan? di UMKO sahabat tidak hanya berkuliah, tapi benar-benar belajar bagaimana memaksimalkan potensi diri.

Sahabat yang menjadi calon mahasiswa UMKO, siap-siap mendapatkan keistimewaan diatas.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs