UMKO Kembali Terapkan UAS Ganjil Tahun 2022 Secara Daring
Upaya tanggap darurat pandemi Covid-19 masih tetap difokuskan guna benar-benar membebaskan Indonesia pada umumnya dan Lampung Utara secara khusus.

Read More...

UMKO Kembali Terapkan UAS Ganjil Tahun 2022 Secara Daring

Meskipun jumlah penyebaran Covid-19 yang semakin hari semakin berkurang dan terus mengarah ke arah yang lebih baik, namun hal itu tidak lantas membuat Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) mengendurkan kewaspadaannya terhadap pandemi ini. Upaya tanggap darurat pandemi Covid-19 masih tetap difokuskan guna benar-benar membebaskan Indonesia umumnya dan Lampung Utara secara khusus, mendorong UMKO dan sivitas akademik menggunakan metode ujian daring sebagai pengganti ujian tatap muka yang sementara ditiadakan untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19. Hal ini merupakan tindak lanjut atas himbauan pemerintah pusat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan physical distancing salah satunya melalui ujian daring, untuk mata kuliah teori namun tetap memperbolehkan untuk pelaksanaan luring untuk mata kuliah praktik.

Universitas Muhammadiyah Kotabumi telah melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) sistem daring pada Selasa (11/1/2022). Di tengah pandemi Covid-19, pelaksanaan UAS daring menjadi solusi agar UMKO tetap bisa melaksanakan ujian. Sebenarnya, UAS daring pada tahun ini bukanlah UAS daring pertama yang dilaksanakan di UMKO. Sebelumnya, pada tahun lalu (2021) UMKO juga sudah pernah melaksanakan UAS secara daring menggunakan beberapa media seperti Google Classroom, Meet, Whatsapp, Schology, atau Zoom sesuai dengan kebijakan masing-masing dosen.

Pelaksanaan UAS secara daring menuai perubahan kultur ujian dari biasanya. Dosen harus mampu menyiapkan media dan konektivitas yang mendukung UAS. Salah satu sistem yang diterima mahasiswa dalam UAS berupa pemberian pertanyaan pada aplikasi yang ditentukan dosen dengan pengumpulan sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan.

Dalam segi keefektivitasan, pelaksanaan UAS daring tentunya kurang efektif karena kurangnya transparansi dan sistematika yang masih tidak terkejar ketika terjadi gangguan pada jaringan. Namun, langkah strategis UMKO dalam mendukung pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 telah terlaksana sesuai dengan protokol kesehatan. UMKO merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil berkembang dan beradaptasi di tengah pandemi seperti saat ini.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs