Pusing Pilih Jurusan Kuliah? UMKO Jawabannya!
Tuntaskan semua kegalauan dengan mengetahui minat dan potensi terbaikmu. Cari tahu jurusan dan kenalan dengan UMKO sekarang!

Read More...

Pusing Pilih Jurusan Kuliah? UMKO Jawabannya!

Berbagai pertanyaan tentang memilih jurusan kuliah yang cocok pasti terlintas oleh pelajar yang baru tamat atau mungkin sudah tamat tahun lalu dari sekolah dan ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Tidak hanya jumlah perguruan tinggi yang jumlahnya mencapai ribuan di Indonesia namun beragam jurusan kuliah yang ada pun pasti membuat bingung untuk memilih mana yang cocok untuk ditetapkan sebagai tempat berlabuh.

Banyak pertanyaan yang terlintas dipikiran pelajar seperti, “Jurusan mana yang seharusnya saya ambil?” “Ada berapa sebenarnya jurusan kuliah yang ada?” “Bagaimana cara menentukan jurusan kuliah yang tepat?” dan berbagai pertanyaan lain tentang jurusan/prodi kuliah yang bisa bikin galau.

Pertanyaan – pertanyaan di atas mungkin sering terlintas di benak sobat semua yang akan masuk kuliah. Jika kalian masih bingung, simak tips memilih jurusan kuliah yang cocok dan pas untuk masa depan kalian dibawah ini.

1. Tanyakan pada Dirimu, Apa yang Kamu Sukai

Sebenarnya, potensi yang dimiliki setiap orang itu tidak sama, dan faktanya lagi, hal itu dapat diketahui dengan mudah. Contohnya, dengan melihat apa yang kamu lakukan di waktu senggang, atau apa yang kamu lakukan disaat sobat bosan dan bersemangat lagi. Jika hal yang dilakukan itu efektif untuk memberi warna dalam hidupmu, pilih jurusan yang berkaitan dengan aktivitasmu di waktu luang tersebut.

Selain itu, cara memilih kuliah tentu beda dengan cara kita memilih menu makanan atau tema ponsel yang jika nanti kita bosan bisa langsung diganti. Itulah sebabnya, kita harus memikirkan masak-masak, apa yang sebenarnya kita impikan dimasa depan, bukan sekedar ikut-ikutan.

2. Lakukan Riset Jurusan

Malu bertanya berujung pada penyesalan. Mumpung waktunya masih ada, gali informasi sebanyak-banyaknya seputar program studi yang ingin diambil. Luangkan waktu untuk mengobrol dengan guru BK, kakak alumni, tutor di tempat kamu bimbel, atau membaca artikel dari universitas yang akan menjadi tujuanmu. Jangan termakan mitos yang beredar, seperti “Masuk jurusan itu, nanti susah dapat kerjaan!” atau “Ngapain ambil peternakan, memang mw jadi peternak!” Penting untuk mengetahui mata kuliah, tantangan, serta prospek kerja di masa depan. Hal ini membantu sobat untuk mempunyai gambaran tentang perkuliahan dan nggak khawatir mau jadi apa setelah lulus nanti.

3. Jangan Terpaku pada Satu Jurusan

Tanamkan dalam pikiran, tidak ada yang sempurna. Begitu juga saat memilih program studi kuliah. Bisa jadi jurusan di kampus A sesuai dengan minat bakatmu tapi prospek kerjanya terbilang kurang menarik. Atau sebaliknya, ada jurusan kuliah B yang bidang ilmunya kurang menarik tapi kemampuanmu cukup baik disitu. Sebaik apapun pilihan yang coba kita ambil, tetap akan ada kekurangan disitu. Itulah pentingnya, untuk bijak dalam memilih, walaupun kebahagiaanmu saat bekerja nanti tidak hanya bergantung dari besaran gaji yang kamu dapatkan, tapi juga harus berbanding lurus dengan kesehatan mentalmu di tempat kerja.

4. Perhatikan Biaya Kuliah

Hal yang nggak kalah penting yaitu memperhatikan biaya kuliah. UKT Jurusan Kedokteran pastinya berbeda dengan Jurusan Agribisnis. Pastikan kamu berdiskusi dengan orang tua agar tidak memberatkan mereka di kemudian hari. Buat yang mau daftar melalui jalur mandiri, siapkan dana sekitar belasan sampai puluhan juta rupiah. Seleksi mandiri umumnya meminta sumbangan awal di tahun pertama perkuliahan. Terus, di beberapa jurusan seperti Kedokteran, Teknik, atau Desain sering mengadakan praktik yang mengharuskan kamu membeli peralatan dengan harga yang lumayan. Jadi, rajinlah mencari informasi seputar beasiswa untuk meringankan biaya kuliah.

5. Tidak kalah Penting! Jangan Ikut-ikutan Teman

Masih ingat dengan perumpamaan memilih jurusan tidak seperti memilih menu makan atau tema ponsel? Kita terlanjur menyamakan pilihan dengan orang terdekat karena bingung dan dikejar waktu. Temen kita jajan seblak, kita ikut-ikutan. Padahal, lambung kita nggak kuat makan makanan pedas.

Perkara masa depan, terkadang kita takut mengambil keputusan sendiri. Menyamakan pilihan dengan teman dengan alasan “biar kuliahnya nggak sendirian.” Belum tentu sobat dan teman-teman lainnya punya bakat atau kemampuan ekonomi yang sama. Jika ternyata saat dijalani tidak sesuai, siapa yang akan bertanggung jawab? Kenali minat dan bakat kamu, jangan mudah terbawa arus dengan lingkungan sekitar.

Solusi Kuliah Terbaik dan Dekat Rumah

Nah., melihat dari tips diatas, admin punya satu solusi yang bisa jadi pilihan terbaik bagi sobat semua untuk melanjutkan studinya, tapi dikemudian hari harus dipusingkan dengan jarak dari rumah ke kampus hingga harus kontrak tempat tinggal, menambah biaya makan, atau tingkat biaya kuliah yang terlalu mahal. Jawabannya adalah, Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO).

Ya, Universitas Muhammadiyah Kotabumi adalah kampus di Lampung Utara, dimana sudah berstatus Universitas dan satu-satunya dengan fakultas dan program studi terbanyak disana, jadi sobat tidak perlu bingung pilih jurusan kuliah, karena UMKO terkenal memiliki jurusan yang paling komplit di Lampung Utara.

Soal gengsi, jangan ditanya, meskipun terbilang muda, UMKO sudah banyak mengikuti kompetisi baik daerah, nasional, hingga intersional. Bukan hanya sebagai peserta tapi pemenang. Bisa jadi kebanggaan ‘kan, kuliah di kampusnya para juara?

Fasilitas di UMKO pun terbilang lengkap, meskipun terletak di kabupaten, bukan ibu kota provinsi. UMKO tidak main-main soal kualitas. Ruang kelas UMKO sudah dilengkapi AC dan LCD proyektor yang tentu saja memudahkan sobat semua dalam belajar, dan pastinya dengan kelas yang nyaman. Selain itu, UMKO juga sudah memenangkan banyak kompetisi dari Kementerian Kebudayaan, Pendidikan, Riset, dan Teknologi dan mendapatkan banyak bantuan fasilitas, seperti laboratorium micro-teaching yang up to date, ruang peradilan semu, lab. komputer, ruang latihan teater dan lain-lain.

Hingga saat ini, UMKO sudah memiliki 11 program studi yang terbagi kedalam 4 fakultas, lengkap bukan? untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai seluruh program studi yang ada, sobat bisa mengeceknya melalui link berikut:

Facebook: Universitas Muhammadiyah Kotabumi
Youtube: UMKO TV
Website:www.umko.ac.id
Instagram:@umktb

Jadi, tunggu apalagi, langsung cari tahu tentang UMKO selengkapnya, dan daftarkan diri untuk menjadi bagian dari kampus juara tersebut!

Managed & Maintenanced by ArtonLabs