Diklat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Garsa Universitas Muhammadiyah Kotabumi Angkatan III
Tujuan utama Hizbul Wathan (HW) adalah memperkokoh takwa, membentuk akhlak dan watak yang berdasarkan iman kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Read More...

Diklat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Garsa Universitas Muhammadiyah Kotabumi Angkatan III

Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) mengadakan kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (GKHW) Kabilah Penuntun Garsa. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai dari tanggal 28 sampai dengan 30 Januari 2022 di Pengaringan Kabupaten Lampung Utara. Kegiatan ini diikuti oleh peserta Kepanduan baik dari dewan kerabat lama dan baru, yang terdiri dari berbagai Fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Diklat ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kader Hizbul Wathan (HW). Selain itu, diklat ini juga untuk mencari kader penerus, dimana dalam pelaksanaan diklat tersebut, para kader akan ditempa jiwa kepemimpinannya agar bisa dijadikan acuan dalam memimpin organisasi dengan memiliki jiwa kepemimpinan yang visioner dan berakhlakul karimah.

Kegiatan diklat Kepanduan yang mengambil tema “Membentuk Jiwa Kader Hizbul Wathan yang Taqwa, Tanggap, Tangguh, Trengginas” ini, dipimpin sekaligus dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UMKO, Irhammudin, S.H., M.H.

Wakil Rektor III UMKO, Irhammudin, S.H., M.H. berpesan, “Dari pendidikan dan pelatihan dasar ini, akan semakin menguatkan karakter akhlak soleh dari kader-kader HW khususnya yang ada di UMKO sebagai para calon-calon pemimpin umat dan bangsa ini di masa mendatang.”

Tujuan utama Hizbul Wathan (HW) adalah memperkokoh takwa, membentuk akhlak dan watak yang berdasarkan iman kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Sehingga anggota HW memiliki rasa tanggungjawab terhadap keluarga, bangsa, cinta lingkungan dan tanah air.

Cinta tanah air juga berarti menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar, termasuk kekayaan hutan dan laut beserta kandungan isinya sebagai anugerah Allah subhanahu wa ta’ala untuk kelangsungan hidup manusia di dunia. HW yang suka melakukan kemah di alam terbuka, di tepi hutan dan kaki gunung, hendaklah semakin menyadari kebesaran Allah subhanhu wa ta’ala dan mensyukuri kekayaan anugerah-Nya, sama seperti kegiatan diklat kemarin yang dilakukan secara outdoor di lingkungan terbuka.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs