Pelatihan Geogebra Bagi Guru Matematika Sdit Insan Robbani Lampung Utara
Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan pengetahuan dan kemampuan guru terkait software matematika Geogebra dan penggunaannya dalam proses pembelajaran.

Read More...

Pelatihan Geogebra Bagi Guru Matematika Sdit Insan Robbani Lampung Utara

Teknologi Informasi atau yang biasa disingkat dengan TI adalah teknologi yang sangat bermanfaat untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan atau menyebarkan informasi. Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembangnya pula teknologi di segala bidang. Hal itu yang menyebabkan semua bidang harus menyesuaikan langkah apabila tidak ingin tertinggal zaman, salah satunya di bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan dapat membawa perubahan dalam proses belajar mengajar salah satu contoh pemanfaatannya adalah sebagai alat bantu atau fasilitas pendidikan.

Dalam hal ini, dosen program studi Pendidikan Matematika (FMTK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) selaku ketua pelaksana, Fhela Vhantoria, M.Pd., mengadakan pelatihan penggunaan Geogebra bagi guru Matematikan di Sekolah Dasar (SD) Islam Terpadu (IT) Insan Robbani Lampung Utara, Sabtu (17/9/2022), dalam rangka kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan 3 alasan berikut:

  1. Guru menginginkan bimbingan teknologi terkait E-Raport,
  2. Penggunaan media pembelajaran yang dapat di instalasi di Android,
  3. Layanan pengumpul data hasil ujian siswa.

Lebih jauh khususnya bagi guru matematika, membutuhkan software untuk pembuatan soal. Dalam hal ini, guru merasa kesulitan membuat bangun datar dan bangun ruang secara detail dan terperinci. Selama ini, guru matematika hanya screenshoot gambar bangun datar, bangun ruangdari internet atau menggambar secara manual. Geogebra merupakan salah satu software yang dapat membantu guru matematika dalam membuat bangun datar dan bangun ruang.

Selain Fhela Vhantoria, M.Pd., sebagai ketua pelaksana, juga terlibat Ratih Handayani, M.Pd., Khusnul Khotimah, M.T.I., sebagai anggota dan Peserta kegiatan 11 guru matematika SDIT Insan Robbani Lampung Utara, juga melibatkan 4 orang mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Kotabumi, seperti Tedi Zarkasih, Intan Nurmala, Pelita Dwi Putri, Angga Dri Hananto.

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan pengetahuan dan kemampuan guru terkait software matematika Geogebra dan penggunaannya dalam proses pembelajaran.

Pelatihan berjalan dengan kondusif dengan hasil guru mampu membuat 10 instrumen evaluasi pembelajaran matematika bangun datar dan bangun ruang berbantu geogebra dan 3 video tutorial bangun datar dan bangun ruang berbantu geogebra.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs