Jurusan Potensial di Era Digital, UMKO Punya Tiga Diantaranya
Mengutip unggahan media sosial Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek RI), berikut ini beberapa jurusan potensial di era digital:

Read More...

Jurusan Potensial di Era Digital, UMKO Punya Tiga Diantaranya

Perkembangan teknologi digital memberi peluang semakin banyak bagi sejumlah jurusan. Menurut World Economic Forum (WEF) dalam The Future of Jobs Report 2020, ada beberapa jurusan kuliah yang punya peluang besar di dunia digital sampai 2030 mendatang.

Jelang kelulusan siswa-siswi Sekolah Menengah Atas dan musim penerimaan mahasiswa baru di seluruh Indonesia baik dari perguruan tinggi negeri atau pun swasta. Sebaiknya, teman-teman sebagai calon mahasiswa ketahui jurusan apa yang dimaksud, agar nantinya setelah lulus bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan, karena lowongannya banyak tersedia.

Mengutip unggahan media sosial Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek RI), berikut ini beberapa jurusan potensial di era digital:

1. Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika memiliki peluang cerah di era digital karena mempelajari tentang pemrograman, pengembangan perangkat lunak, dan teknologi komputer jaringan. Beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan lulusan teknik informatika adalah programmer, web developer, software developer, IT consultant, system analyst, dan software engineer.

2. Matematika dan Statistika

Pada era digital, data dan informasi sangat berlimpah dan mudah didapat. Maka dari itu, jurusan matematika dan statistika mempunyai prospek kerja yang bagus karena di dalamnya mempelajari tentang pengumpulan, analisis, dan penyajian data.

Pekerjaan yang bisa dilamar oleh lulusan matematika dan statistika contohnya data analyst, data scientist, system analyst, atau market researcher.

3. Cyber Security

Dunia digital tak luput dari kerentanan tindak kriminal. Maka dari itu, lulusan cyber security dibutuhkan untuk menjaga keamanan digital dan melindungi berbagai data penting perusahaan. Lulusan kepakaran keamanan siber juga bisa menjadi ahli forensik komputer atau arsitek big data.

4. Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi adalah salah satu jurusan soshum yang punya prospek cerah di era digital. Jurusan ini mempunyai prospek luas karena ilmu yang dipelajari mencakup banyak aspek dalam kehidupan manusia.

Beberapa pekerjaan di era digital untuk jurusan ilmu komunikasi di antaranya digital marketing, SEO specialist, copywriter, social media specialist, juga public relations.

5. Desain Komunikasi Visual (DKV)

DKV adalah salah satu bagian dari jurusan seni yang fokus pada elemen visual untuk menyampaikan pesan. Beberapa pekerjaan yang bisa digeluti lulusan DKV adalah animator, web designer, layouter, desain grafis, dan creative advertising.

6. Teknologi Bisnis Digital

Jual-beli secara digital yang saat ini marak turut memperluas prospek jurusan teknologi bisnis digital. Beberapa prospek jurusannya di antaranya UI/UX designer, digital marketing, industri fintech, dan e-commerce.

Nah, itulah beberapa jurusan yang punya prospek cerah di era digital. Kerennya dari Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO), tiga (3) dari keenam jurusan tersebut diatas, sudah ada lho di UMKO. UMKO dari 4 fakultasnya, menyediakan 11 program studi jenjang strata 1 atau S1, dan 3 diantaranya adalah program studi Teknik Informatika dari Fakultas TIK, Matematika dari Fakultas KIP, dan Ilmu Komunikasi dari Fakultas HIS.

Jadi teman-teman, gak perlu bingung lagi cari kampus yang ada jurusan-jurusan tersebut. Kuy, langsung daftar ke UMKO, klik link berikut: http://siakad.umko.ac.id/spmbfront/home, ikuti tahapannya sampai akhir, maka kalian akan langsung bisa jadi mahasiswa keren, yang siap menghadapi tantangan era digital.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs