Gebyar Festival Sastra Sangkar Mahmud 2023: Meriahnya Lomba Puisi dan Peluncuran Antologi ‘Catatan Waktu’ di Universitas Muhammadiyah Kotabumi
UKM Sangkar Mahmud Universitas Muhammadiyah Kotabumi menggelar Gebyar Festival Sastra Sangkar Mahmud (GFSSM) 2023, Lomba Baca Puisi Tingkat SMA/SMK/MA se-Lampung Utara, dan Mahasiswa se-Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Acara ini juga menjadi panggung peluncuran Antologi Puisi yang diberi judul "Catatan Waktu".

Read More...

Gebyar Festival Sastra Sangkar Mahmud 2023: Meriahnya Lomba Puisi dan Peluncuran Antologi ‘Catatan Waktu’ di Universitas Muhammadiyah Kotabumi

UKM Sangkar Mahmud Universitas Muhammadiyah Kotabumi menggelar Gebyar Festival Sastra Sangkar Mahmud (GFSSM) 2023, Lomba Baca Puisi Tingkat SMA/SMK/MA se-Lampung Utara, dan Mahasiswa se-Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Acara ini juga menjadi panggung peluncuran Antologi Puisi yang diberi judul “Catatan Waktu”.

Kegiatan berlangsung selama dua hari, pada tanggal 11 hingga 12 November 2023, di Aula Lantai 3 Gedung Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Acara diikuti oleh 48 peserta dari 15 Sekolah di Lampung Utara dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Hadir dalam acara ini beberapa tokoh penting, antara lain Rektor Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Dr. Irawan Suprapto, M.Pd.; Wakil Rektor 3, Dr. Suwardi, S.H., M.H., CM, CPCLE; Diknas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Sutiawan Syah, S.E.; Juri GFSSM, Maulana Suryaningwidy, S.Sos., M.E. dan Meutia Rachmatia, M.Pd.; Penulis Buku Antologi Puisi “Catatan Waktu”; Ortom Muhammadiyah; Ikatan Mahasiswa Program Studi se-Universitas Muhammadiyah Kotabumi, serta peserta GFFSM 2023.

Dalam sambutannya, Pembina UKM Sangkar Mahmud, Drs. Djuhardi Basri, M.Pd. menyatakan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah memperkenalkan Universitas Muhammadiyah Kotabumi kepada masyarakat serta sebagai ajang silaturahmi bagi generasi muda penggemar sastra.

Ketua Umum Ratu Sangkar Mahmud, dalam sambutannya, menegaskan harapannya agar kegiatan ini berlangsung secara konsisten setiap tahun dengan perlombaan yang semakin bervariasi. Sangkar Mahmud diharapkan menjadi wadah bagi generasi muda untuk terus berkarya dan berproses di bidang sastra.

Proses perlombaan dilaksanakan dengan khidmat, terdiri dari dua babak, yaitu babak pertama dan babak final (12 besar). Setelah proses final, diadakan acara “Dialog Sastra (Bedah Antologi Puisi Catatan Waktu)” bersama Pembina Sangkar Mahmud dan 13 Penulis Antologi Puisi “Catatan Waktu”, dilanjutkan dengan evaluasi perlombaan oleh para dewan juri.

Setelah dua hari proses perlombaan dan penjurian, diumumkan pemenang Lomba Baca Puisi GFSSM 2023, antara lain:

Tingkat SMA/SMK/MA:

  1. Juara 1: Sera Trahela dari SMAN 2 Kotabumi
  2. Juara 2: Muhammad Afriandi Al Abrori dari SMA Hang Tuah
  3. Juara 3: Cornelia Elleonora Thila Setiawan dari SMAN 1 Abung Semuli
  4. Harapan 1: Fadila Mutia Zahwa dari SMA Negeri 2 Kotabumi
  5. Harapan 2: Winda Nandita dari SMA 1 Sungkai Jaya

Tingkat Universitas Muhammadiyah Kotabumi:

  1. Juara 1: Juwita Panca Pratiwi dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  2. Juara 2: Rahmawati dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Acara ditutup dengan pembagian hadiah dan penutupan resmi oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Kotabumi, menandai kesuksesan dan kelancaran Gebyar Festival Sastra Sangkar Mahmud 2023.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs