Pelaksanaan Program Peningkatan Kualitas SDM UMKO melalui Program Detasering
Tuntutan kerja di lingkungan perguruan tinggi semakin lama semakin tinggi. Dengan demikian, perguruan tinggi harus memiliki SDM yang unggul dan berkualitas, untuk mampu mengimbangi tingginya tuntutan kerja tersebut. Salah satu cara untuk meningkatkan SDM tersebut adalah melalui Program Detasering.

Read More...

Pelaksanaan Program Peningkatan Kualitas SDM UMKO melalui Program Detasering

Terhitung sejak memasuki masa pandemi Covid-19, kurang lebih pada Bulan Maret 2020, tidak dapat dipungkiri bahwa produktivitas perguruan tinggi semakin menurun karena harus meliburkan aktivitas kerja atau melaksanakan WFH, termasuk aktivitas kerja du UMKO. Hampir semua sektor mendapat pengaruh dari masa pandemi, mulai dari produktivitas, layanan administrasi dan akademik, termasuk peningkatan kualitas SDM yang harusnya rutin dilakukan.

Berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM tersebut, selama masa pandemi UMKO masih terbatas dan terhambat dalam melakukan upaya peningkatan SDM. Berdasarkan pada permasalahan tersebut, Ditjen Dikti Kemendikbud menawarkan solusi berupa Program Detasering secara virtual.

Program Detasering adalah program pengiriman seorang dosen ahli (biasa disebut detaser) dari Pertisum (Perguruan Tinggi Sumber) ke Pertisas (Perguruan Tinggi Sasaran). Melalui program ini, upaya peningkatan SDM diharapkan tetap dapat dilakukan meskipun dalam masa pandemi.

Pelaksanaan Program Detasering dari Ditjen Dikti Kemdikbud akan dilaksanakan secara virtual melalui Aplikasi ZOOM. Terkait dengan materinya, program detasering yang disetujui pada Program Detasering UMKO adalah:

  1. Program Peningkatan Kualitas Pembelajaran
  2. Program Peningkatan Kualitas Penelitian

Dalam pelaksanaannya, setiap materi akan diisi oleh para detaser dari perguruan tinggi yang lebih maju. Program Detasering akan melibatkan banyak civitas akademika, mulai dari dosen hingga mahasiswa. Terkait dengan pelaksanaan tersebut, jadwal pelaksanaan tiap sesi akan diinformasikan kemudian melalui laman UMKO dan media sosial yang dikelola oleh UMKO. Berikut ini adalah lima orang narasumber/detaser yang ditugaskan ke UMKO.

  1. Dr. Dewi Kania, S.H., M.H (Univ. Padjadjaran)
  2. Dr. Tjokorde Walmiki Samadhi, S.T., M.T., Ph.D. (ITB)
  3. Dr. Sri Setyarini, M.App.Ling (UPI)
  4. Dr. I Wayan Sutapa, M.Sc. (Univ. Patimura)
  5. Dr. Fransina S Latumahina, M.P (Univ. Patimura)

Program Detasering ini akan dilaksanakan selama 1 bulan, terhitung sejak November s.d Desember 2020. Oleh karena itu, mengingat pentingnya acara ini dan untuk menyukseskan acara ini, dosen dan mahasiswa yang terlibat wajib berpartisipasi secara aktif dalam program ini. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tuntutan kerja di lingkungan perguruan tinggi semakin lama semakin tinggi. Dengan demikian, perguruan tinggi harus memiliki SDM yang unggul dan berkualitas, untuk mampu mengimbangi tingginya tuntutan kerja tersebut.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs