Saran Tepat Dapat Beasiswa Kuliah
Tidak peduli jenis apapun beasiswa yang kalian pilih, tips berikut akan membantu sobat semua untuk sukses mendapatkannya.

Read More...

Saran Tepat Dapat Beasiswa Kuliah

Kemajuan teknologi memberikan perubahan besar dalam sejarah manusia di seluruh dunia, karena dengan teknologi, informasi apapun dapat diakses oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Salah satu informasi yang diburu oleh mahasiswa dan pemuda yang sangat proaktif dengan masa depannya adalah beasiswa.

Namun disisi lain, kemudahan mendapatkan informasi mengenai beasiswa tidaklah langsung berkorelasi dengan kemudahan mendapatkannya karena semakin mudah mendapatkan informasi beasiswa, itu berarti akan semakin banyak juga yang berminat memburunya. Tentunya tingkat persaingan pun akan semakin meningkat, jadi sobat mahasiswa sekalian harus pintar menyusun strategi sedemikian rupa agar mimpimu untuk menyambung pendidikan tinggi dengan bantuan dana bisa terealisasi.

Tidak peduli jenis apapun beasiswa yang kalian pilih, tips berikut akan membantu sobat semua untuk sukses mendapatkannya.

1. Persiapkan Diri

Keputusan untuk mendaftarkan diri mengambil beasiswa bukanlah sesuatu yang instan. Jadi, mempersiapkan diri sedini mungkin merupakan keputusan yang paling baik untuk diambil sebelum melangkah mendaftar ke sebuah program beasiswa.

Ada banyak alasan lain, kenapa hal ini menjadi penting dilakukan. Pertama, dengan jeda waktu yang ada, kamu masih bisa mempelajari dan mengulik lebih dalam informasi yang kamu butuhkan. Kedua, kamu akan memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan semua berkas persyaratan dan belajar soal-soal terlebih dahulu, jika nanti ada tes yang harus kamu ikuti untuk bisa lolos beasiswa tersebut.

2. Carilah Beasiswa yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Mencari beasiswa itu tidak semudah mencari jodoh, ada banyak hal yang harus kamu persiapkan dengan matang. Sobat harus jemput bola, tidak bisa sekedar menunggu. tapi cari informasi sebanyak-banyaknya tentang peluang beasiswa. Apalagi, kalau Sobat mencari beasiswa kuliah luar negeri. Beasiswa untuk kuliah di dalam negeri sekalipun ada banyak pilihan, jadi kita masih harus memilah-milah. Pelajari prosedur, prasyarat, dan seluk-beluk lainnya dari setiap beasiswa. Baik beasiswa kuliah luar negeri maupun dalam negeri, masing-masing memiliki ketentuannya sendiri. Jangan sampai tertukar ya, Sobat!

3. Konsultasi dengan Ahlinya

Ketiga adalah, sobat dapat mendiskusikan beasiswa yang akan diambil tersebut dengan ahlinya, minimal orang tersebut pernah mendapatkan beasiswa yang menjadi targetmu. Sehingga, sharing yang diberikan bisa benar-benar bermanfaat untukmu kedepannya. Jika kesulitan mencari narasumber terpercaya, sobat bisa mendiskusikan beasiswa tersebut dengan guru favoritmu di sekolah – atau guru BP/ BK. Bila perlu, tanyakan informasi tentang cara dapat beasiswa kepada staf Tata Usaha (TU) sekolah. Karena informasi beasiswa yang tiba di sekolah pastinya lebih aman dan terpercaya.

4. Hubungi Penyelenggara Beasiswa

Setelah mencari informasi beasiswa secara mandiri dan mendiskusikannya dengan guru, apakah Sobat masih punya pertanyaan yang mengganjal? Jangan ragu menghubungi pihak penyelenggara beasiswa!

Selain memperoleh informasi yang lebih terpercaya, ada keuntungan lain lagi yang dapat diperoleh dengan menghubungi penyelenggara beasiswa secara langsung. Pertama, itu menunjukkan bahwa kita punya minat serius pada beasiswa tersebut. Kedua, tindakan itu juga menunjukkan bahwa kita berani berinisiatif.

Dan dari sekian tips mendapatkan beasiswa yang ada, ada keuntungan lain lagi dengan menghubungi penyelenggara, Sobat. Apa itu? Kita berada di radar mereka! Ya, Anda akan diperhatikan. Siapa tahu bisa menjadi langkah awal Anda untuk semakin dekat dengan beasiswa.

5. Ikuti Semua Tahapan Seleksi

Merujuk pada poin keempat, setelah mendapatkan informasi yang cukup. Sobat semua harus pastikan bahwa dokumen persyaratan yang dibutuhkan harus lengkap dan sesuai dengan kriteria. Kalau sampai tertinggal satu saja, bisa dipastikan hilang sudah kesempatannya.

Jangan dipikir kalau berkas pendaftaran hanya formalitas saja. Ingat, dokumen-dokumen tersebut akan melewati proses validasi yang keabsahannya dicek satu-persatu.

Selain mempersiapkan dokumen, sobat juga wajib mempersiapkan diri baik fisik maupun mental. Karena setelah lolos tahapan validasi, tahapan selanjutnya adalah wawancara. Hampir setiap seleksi beasiswa mensyaratkan tahap wawancarayang wajib dilalui oleh calon penerima beasiswa. Tentu akan semakin baik jika sobat semua mengedukasi diri dan berlatih terlebih dahulu sebelum menghadapi tahapan wawancara.

Tips diatas, merupakan sebagian kecil tips agar sobat bisa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Universitas Muhammadiyah Kotabumi

Tapi, ada kabar baik nih, untuk sobat semua, di Lampung Utara ada perguruan tinggi yang sudah berstatus Universitas, dan membuka beberapa formasi atau beasiswa untuk mahasiswa baru yang ingin melanjutkan kuliahnya disana, namanya adalah Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO).

Untuk dapat bergabung dengan Universitas Muhammadiyah Kotabumi, ada 6 total jalur pendaftaran dengan 4 jalur beasiswa, 1 jalur reguler dan 1 jalur konversi. Jalur beasiswa yang ada di UMKO adalah:

  1. Beasiswa Jalur Prestasi Akademik dan Non-akademik
  2. Beasiswa Jalur Undangan:
    a. Beasiswa Organisasi Kesiswaan (OKs)
    b. Beasiswa Organisasi Kepemudaan (OKp)
    c. Beasiswa Bina Lingkungan dan Desa
    d. Beasiswa Nilai Rapor
    e. Beasiswa Kerjasama Lembaga/Organisasi dengan UMKO
  3. Beasiswa Jalur Persyarikatan Muhammadiyah
    a. Beasiswa Amanah
    b. Beasiswa Alumni Sekolah Muhammadiyah
  4. Beasisawa KIP (Kartu Indonesia Pintar)

Setidaknya, itu adalah jalur beasiswa yang dibuka UMKO untuk pendaftaran mahasiswa barunya tahun lalu (2021). Semoga saja, di tahun (2022) ini, UMKO masih membuka beasiswa-beasiswa tersebut, atau bahkan membuka jalur beasiswa baru untuk sobat semua.

Jadi, selalu ikuti informasi tentang UMKO langsung dari sumber terpercayanya ya, sobat semua!

Facebook: Universitas Muhammadiyah Kotabumi
Youtube: UMKO TV
Website:www.umko.ac.id
Instagram:@umktb

Managed & Maintenanced by ArtonLabs