MSIB Angkatan 4 Dibuka! Segera Siapkan Dokumen dan Persyaratan yang Dibutuhkan
MSIB merupakan program untuk mendukung mahasiswa D2 hingga S1 menyiapkan diri memasuki dunia profesi. Para mahasiswa didorong untuk belajar sesuai minat di industri, kementerian, dan lembaga dalam negeri maupun luar negeri.

Read More...

MSIB Angkatan 4 Dibuka! Segera Siapkan Dokumen dan Persyaratan yang Dibutuhkan

Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan ke-4 Kampus Merdeka telah dibuka. Pendaftaran MSIB angkatan ke-4 dapat dilakukan sejak 15 Desember 2022 hingga 20 Januari 2023.

MSIB merupakan program untuk mendukung mahasiswa D2 hingga S1 menyiapkan diri memasuki dunia profesi. Para mahasiswa didorong untuk belajar sesuai minat di industri, kementerian, dan lembaga dalam negeri maupun luar negeri.

Mengutip laman pusatinformasi.mitrakm.kemdikbud.go.id, MSIB akan mengantarkan mahasiswa untuk magang dengan pengalaman dunia kerja sebagai persiapan karier. Mahasiswa juga didorong untuk dapat menjalankan proyek penelitian dengan studi kasus nyata dari pelaku industri.

Adapun persyaratan yang harus disiapkan antara lain:

Persyaratan Dokumen

Berikut adalah dokumen yang menjadi syarat pendaftaran beserta ketentuannya.

  1. Curriculum VitaeTidak ada template baku untuk dokumen ini, namun dimohon menggunakan format file pdf. Mahasiswa dapat membuatnya dengan kreativitas masing-masing.
  2. Transkrip NilaiTranskrip nilai terbaru. Jika transkrip terbaru belum tersedia, silakan gunakan transkrip terakhir lalu perbarui dokumen melalui menu “Lengkapi Dokumen” di akun Mahasiswa ketika transkrip baru sudah ada.
  3. Surat Rekomendasi UniversitasSurat Rekomendasi yang ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan atau pejabat lain sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi)
  4. Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM)SPTJM Mahasiswa yang ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan atau pejabat lain sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi)
  5. Foto / Scan KTPPastikan hasil scan jelas dan tidak buram.
  6. Sertifikat pengalaman organisasi (opsional)Jika ingin melampirkan beberapa sertifikat, silakan menggabungkannya menjadi satu file .PDF dengan ukuran maksimal 5MB.

Persyaratan Mahasiswa

Siapa saja yang dapat mengikuti program ini?

  1. Mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa memandang ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, serta situasi ekonomi dan sosial lainnya.
  2. Mahasiswa dari semua jurusan dengan akreditasi kampus apapun di Indonesia – dengan catatan kampus berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  3. Mahasiswa aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1 atau belum yudisium serta bersedia untuk tidak yudisium selama jangka waktu MSIB berlangsung dengan ketentuan semester sebagai berikut pada saat program MSIB dimulai:
    a. D2: minimal semester 3
    b. D3: miniaml semester 4
    c: D4 dan S1: minimal semester 5
  4. Data Mahasiswa terdaftar di PDDikti dan memiliki kesesuaian antara nama di PDDikti dengan nama di KTP.
  5. Mahasiswa dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di Dapodik dan sudah diverifikasi di akun Kampus Merdeka.

Apakah ada ketentuan lainnya?

  1. Mahasiswa diharapkan menjalani program secara penuh waktu (fulltime) serta berkomitmen untuk melaksanakan dan menyelesaikan program MSIB hingga selesai.
  2. Siap melakukan perjalanan lintas kabupaten/ kota/ provinsi jika diperlukan sesuai penempatan yang ditetapkan oleh Mitra serta bersedia melakukan vaksinasi booster untuk keperluan mobilisasi.
  3. Mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi/penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar)/penerima beasiswa lainnya dari Kemendikbudristek dapat mengikuti program magang dengan ketentuan besaran bantuan biaya hidup yang diterima merupakan selisih dari bantuan biaya hidup yang diterima dari beasiswa kemdikbudristek.
  4. Menyatakan diri untuk bisa berkomitmen selama menjalani program.

Berikut Timeline MSIB 2023:

  1. Mendaftar dan melengkapi administrasi mahasiswa: 15 Desember 2022 – 20 Januari 2023
  2. Seleksi mahasiswa: 20 Desember 2022 – 31 Januari 2023
  3. Tes Kebinekaan: Minggu ketiga Januari 2023
  4. Pengumuman Seleksi Mahasiswa: Minggu kedua Februari 2023
  5. Mulai program: 16 Februari – Juni 2023
Managed & Maintenanced by ArtonLabs