Lomba Infografis oleh Institut Teknologi Kalimantan
IMPACT merupakan agenda dari Program Studi Teknik Material dan Metalurgi Institut Teknologi Kalimantan. Tahun ini IMPACT diadakan dengan mengusung tema: “Material Science Contribution on Facing Covid-19.”

Read More...

Lomba Infografis oleh Institut Teknologi Kalimantan

Saat ini, negara-negara di dunia sedang mengalami Pandemi Covid-19, tak terkecuali Indonesia. Sudah lebih dari satu tahun (terindikasi pertama kali pada Desember 2019) wabah ini memengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Di awal mula pandemi, berbagai macam kebijakan pemerintah telah dikeluarkan untuk menekan angka penyebaran virus, seperti memakai masker, physical distancing, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dimana semua kegiatan ini menghimbau masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beraktifitas di rumah karena virus dengan
mudah menular lewat udara atau dari orang lain. Tempat belanja dan tempat hiburan ditutup. Tempat makan tidak bisa lagi makan di tempat. Sekolah tidak lagi tatap muka. Hal ini tentu memengaruhi seluruh aktivitas ekonomi, pendidikan, sosial, dan teknologi.

Sehingga penting sekali bagi masyarakat terutama generasi muda saat ini untuk menyiapkan diri. Penguasaan teknologi wajib dikuasi. Hal ini dapat terjadi jika didukung oleh sumber daya manusia yang unggul melalui program pendidikan baik formal maupun non-formal. Selain menguasi teknologi, kemampuan manusia dalam berpikir kreatif, inovatif, dan adaptif wajib dimiliki untuk mengatasi permasalahan yang ada dan perubahan yang dinamis.

IMPACT (Innovative Material-Metallurgy Project and Competition) 2021 hadir untuk mempersiapakan sumber daya manusia yang siap menghadapi tantangan ke depan. IMPACT 2021 merupakan rangkaian kegiatan yang berfokus pada bagaimana ilmu rekayasa material dan metalurgi memiliki peran penting dalam perkembangan teknologi, terutama alat kesehatan dan media komunikasi. Di sisi lain, material tentu juga memberikan dampak yang buruk terhadap lingkungan karena menghasilkan limbah, seperti masker. Lalu, bagaimana pengembangan material memberikan efek terhadap ekonomi? Tidak hanya itu, IMPACT 2021 juga mengajak masyarakat untuk lebih kreatif dan adaptif melalui kegiatan kampanye sosial dan kewirausahaan untuk membekali diri untuk lebih percaya diri.

DESKRIPSI LOMBA

Lomba Infografis merupakan salah satu kompetisi pada acara Innovative Material Metallurgy Project and Competition (IMPACT) yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Material dan Metalurgi Institut Teknologi Kalimantan. Melalui Lomba Infografis ini, penyelenggara berharap dapat menciptakan inovasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada yang disampaikan melalui poster infografis. Diharapkan melalui poster infografis ini juga dapat memberikan nilai edukasi dan estetika terhadap pembaca serta dapat membangun jiwa yang kompetitif di kalangan Mahasiswa dan tetap produktif meskipun dalam kondisi pandemi. Lomba Infografis ini mengusung tema: “Material Science Contribution on Facing Covid-19.”

KETENTUAN UMUM

  1. Peserta adalah Mahasiswa (dibuktikan dengan tanda pengenal mahasiswa atau surat keterangan mahasiswa aktif) se-Indonesia.
  2. Kompetisi dilaksanakan secara online.
  3. Peserta dapat bersifat individu atau kelompok (maksimal 3 orang anggota kelompok dengan tetap memperhatikan physical distancing).
  4. Peserta dikatakan mengikuti lomba ini apabila telah mengisi formulir pendaftaran.
  5. Peserta hanya diperkenankan mengirim maksimal 1 buah karya.
  6. Peserta diwajibkan mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkan berkas sesuai format yang telah ditetentuan.
  7. Pemenang yang terpilih merupakan peserta yang memiliki nilai tertinggi hasil kumulatif dari semua penilaian.
  8. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  9. Peserta wajib memahami dan menyepakati seluruh syarat lomba seperti yang tercantum pada halaman ini.
  10. Panitia lomba akan menyertakan dan/atau mencantumkan identitas pemilik karya dan memegang hak sepenuhnya atas penggunaan hasil karya lomba untuk berbagai kepentingan.

Informasi lebih lengkap melalui kegiatan dapat diunduh pada link berikut: GuidebookLombaImpact_Infografis.pdf

Pendaftaran Lomba: http://bit.ly/PendaftaranLombaFotografiIMPACT2021

Sumber: https://mme.itk.ac.id/beranda/kegiatan

Managed & Maintenanced by ArtonLabs