Manfaat Publikasi Ilmiah bagi Dosen dan Mahasiswa Menurut Ditjen Dikti
Berikut adalah beberapa manfaat publikasi ilmiah bagi dosen dan mahasiswa. Mari tingkatkan terus kemampuan menulis dan pastinya, hindari plagiasi ya!

Read More...

Manfaat Publikasi Ilmiah bagi Dosen dan Mahasiswa Menurut Ditjen Dikti

Publikasi ilmiah atau bisa juga dikenal dengan publikasi penelitian dalam sejarahnya sudah dimulai sejak awal abad ke-20. Dengan kemunculan dan perkembangan penelitian komunikasi ilmiah, maka kuantifikasi ilmu pengetahuan pun dimulai, pertama sebagai ‘science of science’ dan kemudian berkembang lebih lanjut sebagai akibat dari ledakan jumlah luaran ilmiah yang hampir eksponensial sejak itu.

Pertumbuhan ini mengarah pada penghitungan output dari pertengahan abad ke-20, dan pembentukan Indeks Kutipan Sains oleh Eugene Garfield. Pada 1960-an, kuantifikasi sains akhirnya dilembagakan.

Ditjen Diktiristek terus mendorong peningkatan publikasi ilmiah oleh pendidikan tinggi di Indonesia. Publikasi merupakan hal yang sangat penting untuk pengembangan ilmu pengetahuan demi kemajuan suatu bangsa.

Sebagai insan pendidikan tinggi, dosen dan mahasiswa diharapkan terus berkontribusi aktif dalam peningkatan publikasi ilmiah di Indonesia.

Lantas, bagi mahasiwa atau dosen sendiri, apa ya manfaat melakukan publikasi? Dikutip dari akun Instagram milik @Ditjen.Dikti Penulisan Publikasi Ilmiah memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rekam jejak sebagai akademisi
Selain menjadi bukti utama orisinalitas penelitian, publikasi ilmiah dapat menjadi modal rekam jejak penelitian sebagai akademisi.

2. Meningkatkan reputasi dan eksistensi penelitian
Semakin banyak jurnal ilmiah dikutip, maka akan meningkatkan reputasi peneliti. Hal ini penting terutama untuk peneliti yang berprofesi sebagai dosen.

3. Berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan
Dengan publikasi melalui jurnal ilmiah, diharapkan dapat meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan dalam pengembangan bidang ilmu tertentu.

4. Pembuktian kompetensi dan portofolio
Selain bermanfaat sebagai rekam jejak kompetensi, publikasi ilmiah bisa menjadi portofolio apabila ingin mendaftar beasiswa atau melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi.

Nah., itu dia manfaat publikasi ilmiah bagi dosen dan mahasiswa. Mari tingkatkan terus kemampuan menulis dan pastinya, hindari plagiasi ya!

Sumber:

  1. https://penelitianilmiah.com/publikasi-ilmiah/
Managed & Maintenanced by ArtonLabs